Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Tempat Mustajab untuk Berdoa Ketika Berhaji ke Tanah Mekah

Mekah mempunyai tempat mustajab untuk berdoa, Anda bisa berdoa di tempat-tempat tersebut. Mekah adalah tempat istimewa, tempat berdakwahnya Nabi Muhammad yang pertama, hingga hijarah ke Madinah. 
 
Untuk melaksanakan ibadah haji atau umrah, Anda membutuhkan bekal tidak hanya uang tetapi juga bekal doa yang dipintakan kepada Allah swt. Berdoa adalah kegiatan yang wajib dilakukan, tidak mesti harus datang ke Mekah. 
 
Al-qur’an telah menjelaskan bahwa Allah sangat menyukai hambanya yang suka berdoa, meminta kepada Allah apa saja. Sebenarnya tidak hanya Mekah yang mempunyai tempat yang mustajab untuk berdoa, Madinah mempunyai keistimewaan yang sama.
 
Tempat mustajab untuk berdoa Mekah Madinah atau sering disebut Al Haramain disini Anda akan senantiasa berdoa. Beberapa tempat yang tersebar di ke dua Kota ini bisa Anda kunjungi saat haji atau umrah.
 

Tempat Mustajab untuk Berdoa yang Wajib Anda Lakukan 

 
Untuk tempat mustajab terkabulnya doa, terletak disekitar masjidil haram dan kakbah, sedangkan di Kota Madinah terletak di Masjid Nabawi. Terdapat beberapa tepat yang bisa Anda kunjungi yaitu:
 
1. Multazam (Mekah)
 
Para ulama meyakini bahwa Multazam adalah tempat terkabulnya doa yang mustajab. Rasulullah telah mejelaskan bahwa Multazam tempat terkabulnya doa, tidak satupun doa akan tertolak. 
 
Tempat mustajab untuk berdoa ini tak pernah sepi oleh orang-orang yang sedang berdoa. Bahkan ada yang menitipkan doa ketika saudara, orang tua, atau teman sedang melaksanakan ibadah haji atau umrah. 
 
2. Hajar Aswad
 
Hajar aswad ditemukan pertama kali oleh Nabi Ismail, yang meletakkan batu tersebut adalah Nabi Ibrahim. Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail menjadikan hajar aswad sebagai pondasi kakbah. 
 
Ketika sedang melaksanakan ibadah haji atau umrah, disunahkan untuk mencium hajar aswad. Nabi Muhammad saw selalu mencium hajar aswad ketika setiap saat tawaf. Hal tersebut menjadikan hajar aswad posisi pertawa saat tawaf. 
 
Hajar aswad menjadi tempat mustajab untuk berdoa selanjutnya, semua karena kehendak Allah yang maha kuasa. Oleh karena itu ketika berhaji berdoa sebanyak-banyaknya. 
 
3. Hijir Ismail
 
Hijir Ismail merupakan suatu yang berbentuk setengah lingkaran di samping kakbah. Di lokasi ini banyak jamaah haji dan umrah melakukan solat sunnah dua rekaat, hal ini diyakini sebagai tempat mustajabnya doa. 
 
Tempat mustajab untuk berdoa yang selalu menjadi rebutan para jamaah haji maupun umrah. Tempat yang tidak pernah sepi untuk dikunjungi jamah haji maupun umrah, karena keistimewaannya.
 
4. Makam Ibrahim
 
Salah satu tempat selanjutnya yang dipercaya sebagai tempat terkabulnya doa, makam Ibrahim adalah bekas berdirinya Nabi Ibrahim ketika membangun kakbah yang terbuat dari batu. 
 
Tempat mustajab untuk Anda berdoa ini berada berhadapan dengan pintu kakbah, namun sekarang batu tersebut disimpan pada bangunan Kristal berkerangka besi. Sebelah makam Ibrahim, banyak jamaah melakukan solat sunah.
 
5. Shafa dan Marwa
 
Shafa dan Marwa tempat bersejarah umat Islam, terdapat sejarah Nabi Ismail dan Nabi Ibrahim. Shafa dan Marwa menjadi bagian dari bangunan masjidil haram, juga menjadi bagian ibadah haji dan umrah. 
 
Ibadah yang dilakukan pada bukit saha dan Marwa ini yaitu melakukan lari kecil yang biasa disebut dengan sa’i. ibadah ini dilakukan dengan cara berlari kecil diantara kedua bukit sebanyak tujuh kali berbolak-balik. 
 
6. Air Zam-zam 
 
Tempat mustajab untuk berdoa selanjutnya yaitu, pada Air Zamzam, sumur ini selalu mengeluarkan air yang bersih dan jernih. Pada musim kemarau sekalipun sumur ini tidak pernah kering. 
 
Sebelum Anda meminum Air Zamzam, sebaiknya Anda menghadap ke Ka’bah dan memintalah kepada Allah. Berdoalah sebanyak-banyaknya insya allah akan diijabah oleh Allah. 
 
7. Raudhah
 
Tempat mustajab untuk berdoa adalah Raudhah yang terletak di Majid Nabawi, yang terletak antara mimbar dan kediaman Rasulullah saw. Tempat yang istimewa bagi umat musim ketika Rasul masih hidup. 
 
Jika Anda berdoa disini, doa Anda dipercaya akan terwujud dan diijabah oleh Allah swt. Para jamaah sering berebut masuk ke Raudhah untuk melaksanakan sholat dua rekaaat. 
 
Tempat mustajabnya doa tersebut akan Anda kunjungi ketika Anda menunaikan ibadah haji atau umrah. Untuk mendukung perjalan Anda nyaman dan Aman Mabruk bisa menjadi solusi bagi Anda.
 
Anda bisa membuka website www.mabruk.co.id ,untuk infromasi lebih lengkap. Anda bisa diberikan penjelasan mengenai tempat mustajab untuk berdoa Anda tidak akan menyesal apabila menggunakan Mabruk.