Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Tips Agar Tidak Tersesat Bagi Calon Jamaah Haji Maupun Umrah

Terdapat tips agar tidak tersesat saat melaksanakan kegiatan beribadah ke tanah suci. Menjalankan ibadah haji adalah perintah dari Yang Maha Kuasa, dengan sebaik-baiknya semua orang ingin melaksanakannya. 
 
Bagi sebagian orang pergi haji hal yang pertama dilakukan, oleh karena itu banyak yang tidak mengerti arah, atau kesulitan membaca tanda. Dengan bahasa yang berbeda terlebih bisa membuat Anda kebingungan.
 
Banyak jamaah yang terpisah rombongan dan akhirnya tersesat, bingung untuk kembali ke penginapan. Hal ini sangat mengkhawatirkan, karena Anda tidak merasa tenang untuk beribadah haji.
 
Tips agar tidak tersesat sangat dibutuhkan bagi calon jemaah haji maupun umrah. Hal ini bisa membantu Anda apabila tersesat dari rombongan. Tips ini bisa dipraktikan dengan baik, agar Anda tidak tersesat. 
 

Tips Agar Tidak Tersesat yang Perlu Anda Tahu

 
Terdapat beberapa tips yang bisa Anda gunakan saat tersesat, untuk meminimalisir tersesat semakin jauh. Beberapa tips ini mudah untuk dilakukan, beberapa tips tersebut yaitu:
 
1. Foto hotel nama hotel dan ingat namanya
 
Tips agar tidak tersesat yang pertama yaitu dengan mengingat nama hotel yang Anda gunakan untuk menginap. Jika diperlukan Anda bisa memfoto agar tidak lupa, apabila Anda tersesat, bisa menunjukkan foto kepada petugas. 
 
2. Ajaklah teman ketika ingin berpergian
 
Hal ini sangat penting untuk meminimalisir Anda tersesat, karena ada teman yang menemani Anda. Jika masih tersesat, Anda dan teman Anda bisa menggunakan cara yang pertama.
 
Manfaat mengajak teman sebenarnya membantu Anda agar tidak panik, sehingga bisa mencari jalan keluar bersama. Anda akan mudah menemukan kembali rombongan atau tempat penginapan. 
 
3. Bawalah kartu tanda pengenal jika Anda ingin keluar
 
Tips agar tidak tersesat selanjutnya yaitu, selalu membawa tanda pengenal agar Anda mudah dibantu oleh orang lain. Hal ini juga membuat orang yang melihat Anda mengerti maksud Anda.
 
4. Bawalah tas selempang 
 
Hal ini digunakan untuk, membawa hal-hal yang penting untuk dibawa keluar baik ke masjidil haram maupun ke tempat yang lain. Hal ini bisa membantu Anda apabila tersesat. 
 
Misalnya saja, Anda bisa membawa ponsel untuk menghubungi teman satu rombongan. Serta Anda dapat memberitahu lokasi terkini Anda kepada pemandu atau teman satu rombongan.
 
5. Fotolah nomor pintu masuk
 
Tips agar tidak tersesat lainnya yaitu dengan memfoto nomor pintu masuk, agar Anda ingat pintu keluar yang harus Anda lalui. Hal ini juga meminimalisir anda agar tidak tersesat. 
 
Kegiatan berhaji dan umrah biasanya akan dipandu oleh pemandu rombongan yang disediakan dari biro perjalanan. Pemandu akan bertanggung jawab mengenai calon jamaah. 
 
Oleh karena itu pentingnya dalam mencari biro perjalanan haji dan umrah yang amanah, memberikan Anda pengamanan. Anda bisa menggunakan biro travel Mabruk untuk perjalanan Anda. 
 
6. Toilet dengan masjid terpisah letaknya, oleh karena itu foto tempat Anda masuk
 
Dari beberapa tips yang telah disebutkan, bisa diartikan bahwa kamera atau ponsel sangat penting untuk selalu dibawa. Hal ini sebagai alat untuk menandai jalan yang sudah Anda lalui. 
 
Tips agar tidak tersesat di tanah suci Mekah yang bisa Anda lakukan, mengingat bahwa luasnya Mekah bisa membuat Anda terpisah terlalu jauh. Tidak heran jika kita membutuhkan pemandu yang bisa membuat aman.
 
Mabruk tour memberikan pelayanan istimewanya kepada setiap jamaah, anda akan dibekali beberapa tips untuk mendukung ibadah bisa lancar. Oleh karena itu Mabruk menjadi solusi untuk Anda.
 
7. Jamaah yang sudah tua, pergi dengan pendamping keluarga
 
Tips agar tidak tersesat selanjutnya yaitu, jamaah yang sudah tua sebainya didampingi oleh keluarga, hal ini meminimalisir sesuatu yang tidak diinginkan. Terlebih orang tua sudah tidak memiliki fisik yang kuat.
 
Anda juga bisa membawa kursi roda bila diperlukan, untuk membantu Anda menemani orang tua Anda ketika berhaji. Apabila tidak ada kursi roda, anda bisa menggendong orang tua Anda untuk membantunya.
 
Anda bisa menggunakan Mabruk untuk membantu Anda mendapatkan tips agar tidak tersesat lainnya. Untuk info lebih lanjut, Anda bisa membuka website www.mabruk.co.id.