Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Tips Belanja Hemat Saat Umroh, Murah dan Cerdas

Mengetahui tips belanja hemat saat umroh merupakan salah satu hal penting yang perlu Anda ketahui. Sebab membeli oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat di tanah air merupakan salah satu kegiatan jamaah usai melaksanakan ibadah umroh. 
 
Bukan hanya melunasi biaya umroh saja, namun Anda juga harus mempersiapkan biaya lainnya seperti anggaran untuk berbelanja. Umumnya para kerabat akan meminta oleh-oleh khas saat umroh. Mulai dari air zam-zam, manisan kurma dan lain sebagainya. 
 
Anda harus hemat dan cermat saat membelanjakan uang. Terlebih lagi ada banyak pusat perbelanjaan yang tersedia di kota Madinah, Mekah maupun Jeddah. Ada toko yang memang buka sepanjang tahun namun ada pula toko yang hanya buka saat musim haji dan umroh saja. 
 

Tips Belanja Hemat Saat Umroh untuk Menghemat Biaya

 
Meski berorientasi pada ibadah namun perjalanan umroh tidak terlepas dari aktivitas berbelanja. Namun tahukah Anda jika jemaah asal Indonesia merupakan salah satu favorit dari para pedagang di sekitar Masjidil Haram dan Nabawi. 
 
Para jamaah asal Indonesia dianggap cukup royal selama berbelanja. Selain itu mereka juga dikenal sangat ramah. Agar menghemat biaya ada beberapa tips belanja hemat saat umroh yang bisa Anda terapkan, berikut beberapa diantaranya. 
 
1. Jangan Tampil Mencolok
 
Tips pertama ada baiknya untuk berpenampilan sesederhana mungkin. Sebab beberapa pedagang di tanah suci dapat dengan mudah mengukur orang tersebut memiliki uang lebih atau tidak. 
 
Jika Anda datang dengan penampilan mencolok maka bisa dijamin akan mendapatkan barang dengan harga lebih mahal. Hal tersebut tentu sangat disayangkan sebab seharusnya Anda bisa mendapatkan harga yang jauh lebih bersahabat. 
 
2. Buat Daftar Belanjaan
 
Sebelum mulai melaksanakan ibadah umroh ada baiknya menuliskan siapa saja yang akan diberi oleh-oleh dari tanah suci. Cara ini mampu membuat Anda untuk bersiap dengan anggaran dan daftar belanja yang lebih rinci. 
 
Pastikan untuk selalu sesuaikan dengan anggaran yang dimiliki. Jangan melebihi budget yang sudah ditetapkan sebelumnya. Apabila ingin menitip belanjaan lebih jangan sungkan untuk meminta uang agar anggaran Anda tidak berlebih. 
 
3. Pilih Tempat Belanja Sesuai Kantong
 
Tips belanja hemat saat umroh selanjutnya adalah memilih tempat belanja sesuai dengan kantong. Jika ingin berhemat outlet indoor dan mall bukanlah tempat yang tepat untuk dikunjungi. 
 
Dengan kualitas barang yang tidak jauh berbeda Anda bisa memilih untuk berbelanja di pedagang kaki lima sepanjang jalan kota Mekkah. Sebagai seorang pembeli Anda harus jeli dan pandai memilih barang. 
 
Meski hanya di pedagang kaki lima Anda bisa mendapatkan barang yang baik dengan harga jauh lebih murah. Oleh sebab itu pastikan jangan terburu-buru untuk mengambil keputusan ketika membeli suatu barang. 
 
4. Berbicara Dalam Bahasa Arab Cukup Membantu
 
Tips belanja hemat saat umroh selanjutnya adalah berbicara dalam bahasa Arab. Meski sudah ada banyak pedagang di Mekkah dan Madinah yang mengerti dan fasih bahasa Indonesia, namun berkomunikasi dalam bahasa Arab bilang cukup membantu. 
 
Sebenarnya Anda tidak perlu benar-benar ahli dalam bahasa Arab. Cukup ketahui kata-kata yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari terlebih lagi berkaitan dengan percakapan di pasar. Mereka akan menghargai usaha tersebut dan memberikan harga lebih bersahabat. 
 
5. Jangan Pernah Bahas Harga di Dalam Toko
 
Tidak membahas harga juga merupakan salah satu tips belanja hemat saat umroh. Menariknya para pedagang di kota Mekah memiliki banyak sekali keahlian. Salah satunya keahlian dalam menguasai bahasa asing yang sering digunakan para pembeli. 
 
Oleh sebab itu jangan pernah coba-coba untuk membahas harga dengan teman di dalam toko. Hal ini mampu membuat penjual paham mengenai apa yang Anda bicarakan. 
 
Jika ingin membahas tentang harga lakukan di luar toko. Bilang jika Anda ingin melihat-lihat toko lain terlebih dahulu. Setelah itu barulah bahas harga dengan teman 
ibadah umroh di luar toko. 
 
6. Pintar Menawar
 
Tips belanja hemat saat umroh selanjutnya adalah pintar menawar. Tidak semua pedagang akan jujur dengan harga asli barang tersebut. Sebagian besar pedagang di tanah suci sering menaikkan harga barang yang dijual secara drastis. 
 
Bahkan tidak jarang pedagang akan menawarkan harga hingga 200% dari harga normal. Menaikkan harga bisa disebabkan karena beberapa faktor. Salah satunya pembeli dari luar negeri dengan daya beli tinggi. 
 
Oleh sebab itu kemampuan Anda untuk menawar akan sangat dibutuhkan. Anda bisa mulai menawar barang hingga 30% dari harga yang ditawarkan. Naik sedikit demi sedikit untuk mencapai kesepakatan.
 
Membawa oleh-oleh dari tanah suci memang tidak ada salahnya. Terlebih lagi jika barang tersebut untuk keluarga dan orang terdekat. Namun penting untuk menerapkan tips belanja hemat saat umroh agar tidak melebihi anggaran yang sudah ditetapkan sebelumnya.