Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Tips Berangkat Haji Usia Muda, Ini Dia Langkahnya!

Belakangan banyak yang menanyakan cara berangkat haji usia muda dengan langkah yang tepat. Tidak bisa dipungkiri, umat muslim dari seluruh dunia pasti ingin mengunjungi dan beribadah di Tanah Suci Mekah. Dan bagi yang mampu, menunaikan haji merupakan salah satu syarat Islam. 
 
Berangkat dari hal ini, kami akan memberikan saran yang berguna untuk milenial agar bisa berangkat haji di usia muda.
 
Menabung adalah salah satu cara yang sangat efektif. Menabung tidak terlalu sulit, namun banyak godaan yang muncul untuk memanfaatkan dana yang sudah terkumpul. 
 
Oleh karena itu, jika Anda seorang millennial, mulailah membuat rencana untuk mulai menabung agar bisa berangkat ke Mekkah dan menunaikan ibadah haji. Membuat rencana terlebih dahulu adalah langkah yang tepat untuk menghemat uang.
 

10 Tips Berangkat Haji Usia Muda

 
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ada banyak cara untuk berangkat haji di usia muda. Diantaranya adalah:
 
1. Pilih Agen Haji yang Terpercaya
 
Langkah berangkat haji usia di muda yang pertama adalah pilihlah agen mana yang akan dipilih untuk menunaikan ibadah haji.
 
Dengan rencana yang telah disiapkan, Anda bisa memiliki referensi dan pedoman untuk berkomitmen pergi haji. Agen haji yang paling efektif adalah mereka yang sudah berpengalaman dan setiap tahun selalu memberangkatkan Jemaah haji.
 
2. Menargetkan Kapan Anda Berangkat Haji
 
Anda harus menetapkan periode keberangkatan di samping jumlah uang yang harus dikumpulkan secara nyata. 
 
Waktu keberangkatan Anda tidak dapat dihitung dengan pasti. Tergantung berapa lama antrian haji dari tahun ke tahun. Namun, ambisi menunaikan haji usia muda sangat 
mungkin terwujud dengan disiplin dan perencanaan yang matang.
 
3. Cari Teman untuk Menabung dan Berangkat Haji Bersama
 
Untuk Anda yang memiliki komitmen tinggi, carilah teman yang sama-sama berkomitmen untuk menunaikan ibadah haji usia muda.
 
Salah satu pilihan adalah mencari teman untuk mengumpulkan uang dan menabung bersama. Bersama-sama, Anda teman-teman dapat menghemat uang sekaligus memperkuat ikatan persahabatan Anda.
 
4. Sisihkan Uang Jajan untuk Menabung
 
Jika Anda menyisihkan 10.000 rupiah per hari dari uang saku, Anda bisa mendapatkan setidaknya 300.000 rupiah per bulan. Dengan demikian Anda bisa menabung 10 ribu per hari.
 
Itu artinya, jika Anda kini berusia sekitar 15 tahun, Anda bisa menunaikan haji di usia 25 tahun. Tentunya setelah menabung selama 10 tahun, Anda bisa memilih paket haji plus yang memungkinkan paket haji lebih cepat untuk berangkat.
 
5. Selalu Perhatikan Inflasi, Karena Setiap Tahun Harga Haji Terus Naik
 
Mengapa calon jamaah haji usia muda perlu memantau perubahan nilai tukar? Pertama, biaya haji dipengaruhi  secara signifikan oleh inflasi global.
 
Anda harus memperhatikan inflasi nilai tukar rupiah karena jika inflasi meningkat, biaya haji juga akan berubah. Maka solusi yang tepat adalah dengan menabung sejak dini.
 
6. Sisihkan 50 Ribu Untuk Haji
 
Jauh lebih baik menabung uang untuk berangkat haji daripada menghabiskan $50.000 untuk kesenangan. Salah satu strategi untuk meningkatkan dana haji adalah dengan 
menyisihkan sebagian uang karena menabung adalah fondasi kekayaan.
 
7. Komitmen
 
Salah satu unsur penting untuk sukses adalah komitmen. Itu artinya, Anda bisa konsisten menabung jika membuat komitmen yang kuat.
 
Dipastikan jika membuat komitmen untuk menabung antara 250 ribu hingga 500 ribu rupiah, Anda dapat menunaikan haji usia muda dalam 10 tahun.
 
8. Tabunglah Bonus Gaji Anda
 
Simpan bonus gaji saat ini bila Anda menerimanya. Dengan begitu, Anda bisa meningkatkan tabungan haji karena bonus pembayaran biasanya tidak sedikit. Terlepas dari hal itu, tetap jaga komitmen yang sudah terbentuk.
 
9. Bekerja Sampingan
 
Bekerja paruh waktu adalah salah satu cara untuk meningkatkan pendapatan. Berangkat dari hal ini, Anda dapat meningkatkan tabungan haji dengan cepat. Namun, jangan sampai pekerjaan sampingan tersebut membuat Anda kelelahan dan akhirnya jatuh sakit.
 
10. Lindungi Diri dengan Asuransi Kesehatan
 
Tips terakhir yang bisa dilakukan setelah memutuskan pada usia dini bahwa Anda ingin melakukan haji adalah bagaimana Anda mengelola uang di masa sekarang dan masa depan.
 
Salah satu strategi untuk mengamankan perencanaan keuangan jangka panjang tersebut yaitu dengan memiliki asuransi.
 
Jadi, di atas adalah beberapa cara untuk berangkat haji di usia muda. Dengan langkah dan perencanaan yang tepat, harapan keinginan haji usia muda bisa segera terwujud.