Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Tips Haji dan Umrah Bagi Calon Jamaah Tanah Air

Tips haji dan umrah yang harus diketahui oleh calon jamaah haji patut dipertimbangkan. Meski haji butuh banyak persiapan ekstra, tapi itu bisa menjadi pengalaman yang mencerahkan bagi Anda secara spiritual.
 
Jadi, untuk membuat seluruh proses sedikit lebih mudah, kami telah membuat daftar sejumlah tips ibadah haji dan umrah. Ini adalah hal-hal penting yang harus Anda ketahui sebelum memulai perjalanan yang indah tersebut.
 

5 Tips Haji dan Umrah

 
Haji adalah salah satu perjalanan paling transformasional dalam hidup Anda. Itu sepadan dengan kesulitan yang menyertainya. Sebisa mungkin, minimalkan mengeluh agar bisa lebih fokus beribadah.
 
Sebagaimana firman Allah SWT bersama kesulitan ada kemudahan. Nikmati setiap momen dari perjalanan ini saat Anda mendapatkan kesempatan untuk terhubung dengan Tuhan Anda dengan cara yang unik. Persiapkan diri dengan tips haji dan umrah berikut ini.
 
1. Memiliki Salinan Dokumen Penting
 
Salinan tambahan dari setiap dokumen penting wajib ada guna antisipasi kehilangan. Itu selalu ide yang baik untuk menyimpan salinan tambahan di tempat yang berbeda saat haji. Jika Anda kehilangan satu, Anda akan memiliki salinan cadangan.
 
Pemerintah Arab Saudi memerlukan beberapa vaksinasi wajib. Jadi, untuk kebaikan Anda sendiri, pastikan bahwa Anda telah melakukan semua vaksinasi wajib. Memiliki sertifikat untuk membuktikannya juga penting karena dapat sewaktu-waktu diminta oleh pihak berwenang.
 
2. Tetap Sehat
 
Fakta bahwa selama haji seseorang bisa berjalan hingga 20 mil, membuat banyak orang ekstra kelelahan. Ada beberapa kasus jamaah yang memulai perjalanan haji tanpa mempertimbangkan kondisi fisik terkini.
 
Sangat penting untuk berolahraga sebelum haji, karena tips haji dan umrah ini sangat mendukung. Anda jadi bisa menikmati lebih banyak pengalaman spiritual haji. Oleh karena itu, disarankan agar Anda mulai berolahraga hingga enam bulan sebelum keberangkatan.
 
3. Kenyamanan Masa Inap
 
Ada hal-hal penting yang bisa membuat Anda tinggal di Mina jauh lebih nyaman. Misanya, handuk, ransel kecil, tisu, sandal, gelas plastik, perlengkapan perjalanan pribadi agar lebih higienis.
 
Buat perlengkapan perlengkapan kecil untuk penginapan Mina Anda agar semuanya siap. Jilbab khusus untuk Umrah dan Haji bisa menyelamatkan saudara perempuan dari banyak kekhawatiran, karena mereka tetap mengenakan dan menutupi rambut.
 
Selain itu, untuk masa inap yang lebih nyaman, Anda dapat mempertimbangkan seprai tambahan, bantal perjalanan, dan kasur berkemah yang mudah dibawa. Sekilas tampak sepele, namun istirahat yang ideal dapat menjaga vitalitas tubuh tetap prima guna beribadah.
 
4. Barang yang Sebaiknya Dibawa
 
Mengingat bahwa banyak orang dapat menunggu berjam-jam, apa yang Anda bawa dalam tas sangat penting untuk jam tersebut. Tips haji dan umrah adalah membawa beberapa makanan ringan untuk menunggu lama bisa bermanfaat.
 
Satu abaya ekstra, Ihram, dan beberapa produk higienis bisa menjadi penyelamat jika tas Anda hilang. Juga, karena terminal haji tidak memiliki fasilitas apa pun, Anda harus membawa tambahan air, buah-buahan, dan makanan ringan.
 
Sebuah bantal dan tikar perjalanan harus berguna dalam hal ini juga. Buku doa seukuran saku untuk mendapatkan hasil maksimal dari setiap momen juga sayang jika dilupakan. 
 
5. Fasilitas Toilet Terbatas
 
Mengetahui bahwa toilet di Mina dan terminal haji sedikit dan mendasar, Anda harus membatasi untuk terlalu sering minum. Khususnya, ketika Anda akan terbang ke Jeddah serta selama kegiatan haji berlangsung.
 
Anda bisa mengalami dehidrasi selama penerbangan, jadi cobalah tips haji dan umrah dengan seimbangkan asupan air Anda. Anda mungkin merasa perlu sering ke kamar mandi, yang bisa membuat Anda bermasalah saat tiba.
 
Anda harus menggunakan kamar mandi sebelum Anda meninggalkan pesawat. Hal ini karena mungkin lebih bersih dan lebih nyaman daripada yang ada di terminal haji.
 
Tips ibadah haji dan umrah yang disebutkan di atas seharusnya tidak membuat Anda takut atau membuat Anda menunda perjalanan Anda. Namun, semestinya dapat membantu 
persiapan Anda untuk apa yang diharapkan dan merekomendasikan beberapa tip praktis yang baik.
 
Jika Anda berniat berangkat umrah atau haji, Anda bisa langsung cek laman agen travel haji Mabruk Tour. Banyak paket layanan, kabar haji serta tips haji dan umrah dari Mabruk Tour.