Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Tips Kesehatan Saat Haji Agar Lancar dan Lebih Khusyuk

Anda perlu tahu tips kesehatan saat haji agar nanti ketika menjalani beragam rangkaian ibadah bisa khusyuk dan lancar. Terutama bagi jamaah lansia, memang sangat penting menjaga kesehatan karena kondisi fisik tidak seprima saat muda.
 
Haji adalah ibadah wajib yang dilakukan umat Islam yang mampu secara finansial dan juga fisik yang sehat. Anda finansialnya mencukupi, tapi kondisi fisiknya tidak, bisa dikatakan belum bisa untuk melakukan ibadah satu ini.
 
Memenuhi rukun islam yang kelima ini memang perlu banyak syarat. Apalagi hanya ada setahun sekali. Jadi, ketika Anda berkesempatan diundang ke Tanah Suci oleh Allah, pelajari tips kesehatan saat haji agar semuanya lancar.
 

Lakukan Persiapan Sebelum Berangkat Haji

 
Salah datu faktor yang membuat ibadah haji bisa lancar adalah dengan menjaga kesehatan dengan baik. Anda menjalani ibadah haji tidak sehari atau dua hari, tapi 40 hari untuk jamaah reguler dan 26 hari untuk jamaah haji plus.
 
Jadi jika Anda sakit selama melakukan ibadah haji, bisa saja tidak khusyuk selama melakukan ibadah, bahkan tertinggal beberapa kewajiban prosesi ibadahnya.
 
Maka, sejak awal, pelajari tips kesehatan saat haji dan melakukan persiapan sebelum berangkat. Jika Anda mengikuti kelas manasik haji sebelum berangkat, maka akan diberikan tips kesehatan.
 
Bahkan sebelum berangkat, disarankan untuk melakukan vaksin dan karantina dulu di asrama haji Jakarta untuk menunggu kloter keberangkatan.
 
Biasanya selama masa karantina juga akan terus dicek kesehatannya setiap hari. Mengutip dari Kemkes Pusat Kesehatan Haji, umumnya penyakit yang dihadapi para jamaah  haji itu dikategorikan menjadi dua.
 
Pertama ada penyakit menular. Biasanya penyakit ini disebabkan oleh bakteri, virus, parasit dan jamur. Contohnya saja meningitis, diare, hingga infeksi kulit.
 
Lalu yang kedua ada penyakit tidak menular disebabkan oleh trauma, luka bakar, sayatan benda tajam dan lain sebagainya.
 
Untuk itulah, sosialisasi tentang tips kesehatan saat haji harus diberikan kepada calon jamaah haji agar mereka bisa menjaga kesehatannya dengan baik hingga berangkat nanti.
 
Kuota yang telah ditentukan, sudah tidak bisa lagi diubah. Jadi, Anda harus bisa berangkat bersama kloter tersebut. Untuk persiapan, agar kesehatan sebelum berangkat baik, inilah yang harus dilakukan para jamaah :
 
1. Memastikan kesehatan fisik dengan baik dengan melakukan tes screening secara rutin.
 
2. Melatih ketahanan fisik bisa dengan olahraga ringan, seperti berjalan-jakan setiap pagi atau melakukan joging ringan.
 
3. Konsumsi makanan sehat dan bergizi. Bisa dari sayur dan buah-buahan untuk mendapatkan gizi yang cukup.
 
4. Hindari stres. Ini penting agar nanti tidak membuat Anda mudah sakit.
 
5. Patuh untuk mengikuti vaksin meningitis dan influenza
 

Tips Kesehatan Saat Haji yang Perlu Dilakukan 

 
Ketika persiapan sudah dilakukan, pelajari beragam tips kesehatan saat haji yang wajib dilaksanakan untuk menunjang stamina dalam tubuh.
 
Ketika tubuh sehat, mau beribadah juga lancar, khusyuk dan merasa tentang. Entah itu penyakit menular atau tidak, sebenarnya bisa dicegah jika Anda mau menjaga kesehatan dengan baik.
 
Hindari dulu beberapa makanan yang bisa meningkatkan risiko penyakit dalam tubuh. Berikut ini, ada tips kesehatan saat haji yang bisa Anda lakukan agar bisa sehat selama melakukan ibadah haji, yaitu :
 
1. Membawa Obat-Obatan Pribadi
 
Jika Anda memang memiliki riwayat penyakit tertentu, jangan lupa untuk membawa obatnya sendiri karena kebutuhan medis di sana juga standar.
 
2. Minum dengan Cukup
 
Cuaca di Mekah memang lebih panas. Agar tidak dehifrasi, minum dengan cukup setiap harinya agar tenaga juga kuat.
 
3. Jaga Kebersihan Diri
 
Jangan lupa, jaga kebersihan diri. Ketika mandi, hindari menggunakan alat mandi bersama karena bisa menularkan penyakit. Termasuk juga alat makan.
 
4. Gunakan Tabir Surya
 
Penggunaan tabir surya cukup bagus agar kulit tetap terlindungi dan tidak terjadi gangguan kulit akibat terbakarnya sinar matahari.
 
5. Selalu Cek Kadaluwarsa Produk yang Akan Dikonsumsi
 
Ketika membeli sesuatu di Mekah, diharapkan cek kemasannya, apakah tanggal kadaluwarsanya masih panjang atau sudah lewat.
 
Pergi ke tanah suci untuk menjawab panggilan Allah merupakan rahmat dan rezeki yang besar untuk umat muslim. Jadi, ketika berhasil berangkat, tips kesehatan saat haji harus diketahui agar selama beribadah tetap sehat sampai pulang ke tanah air.