Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Tips Memilih Travel Agency Haji dan Umroh Terpercaya

Memilih travel agency haji dan umroh menjadi salah satu hal terpenting sebelum memutuskan perjalanan ibadah ke tanah suci. Mengingat perjalanan rohani umat Islam ini sangat penting, akan lebih baik jika sudah menentukan biro perjalanan yang sesuai.
 
Adapun beberapa tips dalam memilih biro perjalanan terpercaya. Bukan menjanjikan keberangkatan haji serta umroh dengan harga murah, biro perjalanan haji beserta umroh terbaik adalah memberikan fasilitas dengan kepastian yang sesuai.
 
5 Hal Wajib Diperhatikan untuk Memilih Travel Agency Haji dan Umroh yang Tepat
 
Dalam memilih travel agency haji dan umroh, Anda harus lebih teliti. Ditambah lagi dengan semakin maraknya penipuan dibalut dengan agama. Jika masih ingat, beberapa tahun lalu sempat heboh salah satu biro milik orang terkenal menjadi sarang penipuan. 
 
1. Pilih Travel Agency Terdaftar Resmi di Kementerian Agama
 
Agar tidak salah pilih, Anda harus memastikan bahwa biro perjalanan ibadah ke tanah suci pilihan merupakan biro resmi. Saat ini, Anda sudah bsia mendapatkan daftar biro resmi terdaftar.
 
Adapun syarat-syarat agar sebuah biro perjalanan ibadah ke tanah suci ini terdaftar secara resmi di Kemenag. Sebuah biro harus memiliki Surat Izin Tetap Usaha Pariwisata dengan beberapa Surat Keterangan dari MK serta Departemen Agama.
 
Biasanya travel agency haji dan umroh akan memajang serta menunjukan beberapa surat resmi tersebut sebagai tanda bukti kepada pelanggan. Untuk lebih mudahnya, Anda juga bisa mencari biro pilihan pada website resmi PPIU Kemenag (https://simpu.kemenag.go.id/).
 
2. Cek Track Record Travel Agency yang Akan Digunakan
 
Hal paling mudah untuk mengecek adalah memastikan alamat serta keberadaan dari kantor biro pilihan Anda. Pastikan bahwa alamat beserta kantor dalam informasi tertera adalah benar dan sesuai. Bahkan Anda juga bisa melakukan survei langsung untuk memastikan.
 
Selain itu, Anda juga perlu memeriksa rekam jejak dari biro. Cek tanggal pendirian biro tersebut, karena biasanya semakin lama biro didirikan maka akan memiliki segudang pengalaman dalam pemberangkatan ke tanah suci
 
Bahkan Anda juga bisa mengecek seberapa sering travel agency haji dan umroh tersebut berhasil melakukan pemberangkatan Jemaah. Semakin sering dan semakin banyak review memuaskan, maka biro tersebut bisa dipercaya.
 
3. Pastikan Harga dan Fasilitas yang Ditawarkan
 
Untuk memilih biro perjalanan ibadah ke tanah suci, hindari memilih berdasarkan harga murah. Harga memang menjadi salah satu pertimbangan, namun jika harga tertera di luar batas minimal yang ditentukan, maka Anda patut curiga.
 
Jangan sampai tergiur dengan harga murah semata, karena Kementerian Agama telah menetapkan batas minimal biaya keberangkatan ibadah haji serta umroh. Jika Anda ditawari biaya di bawah dari ditetapkan pemerintah, maka batalkan niat Anda.
 
Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa biaya dari ditawarkan oleh travel agency haji dan umroh tersebut telah sesuai dengan fasilitas yang akan didapatkan. Jangan tergiur harga murah, tetapi jangan terlalu percaya dengan harga tinggi.
 
4. Tanyakan Keberadaan Pembimbing Saat Menjalankan Ibadah di Tanah Suci
 
Hal paling sering dilupakan adalah memastikan adanya pembimbing dalam perjalanan ibadah. Padahal keberadaan dari pembimbing ini sangat penting untuk membantu jika Anda 
mengalami kesulitan saat beribadah.
 
Untuk itu, Anda harus menanyakan kembali mengenai ada atau tidaknya pembimbing selama menjalankan ibadah tersebut. Dengan adanya pembimbing dari travel agency haji dan umroh, Anda akan lebih aman bahkan terbantu dalam hal memandu lokasi sekaligus komunikasi.
 
5. Hindari Travel Agency yang Menjanjikan Keberangkatan Terlalu Lama
 
Salah satu ciri-ciri biro perjalanan haji atau umroh yang kurang baik adalah dengan menjanjikan keberangkatan, khususnya untuk umroh. Perlu diingat bahwa umroh bukanlah haji dengan antrian lama yang panjang. Umroh bisa dilaksanakan kapan saja tanpa waktu tertentu.
 
Jika Anda dijanjikan keberangkatan umroh dalam waktu bertahunn-tahun, segera lakukan pembatalan. Tidak sangat dibenarkan jika travel haji dan umroh menjanjikan keberangkatan umroh terlalu lama, karena beresiko kegagalan berangkatan sangat tinggi.
 
Untuk ibadah aman serta nyaman, Anda bisa memilih Mabruk Tour sebagai biro perjalanan terpercaya. Track record beserta pengalamannya sudah bisa terjamin dan terdaftar resmi sebagai travel agency haji dan umroh di Kemenag. Jadi, tidak perlu ragu lagi untuk memilih yang satu ini.