Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Tips Memilih Travel Haji dan Umroh yang Berkualitas

Memilih travel haji dan umroh berkualitas serta amanah, menjadi pilihan bagi setiap orang yang ingin melaksanakan ibadah tersebut. Sehingga perlu biro perjalanan berkualitas serta amanah.

Sebelum akses transportasi sebesar sekarang, untuk melaksanakan ibadah di tanah suci membutuhkan waktu serta biaya yang tidak sedikit. Sehingga, banyak orang memilih untuk menunda menunaikan ibadah ke tanah suci.

Seiring berjalannya waktu, perkembangan akses transportasi membuat bisnis biro perjalanan haji dan umroh berkembang sangat pesat. Di Indonesia sendiri, ada banyak sekali travel agent yang bergerak pada bidang tersebut. Seperti Mabruk Tour, dan lain-lain. 

Ibadah haji dan umroh yang dilaksanakan di tanah suci, menjadi impian banyak orang. Mungkin termasuk Anda salah satunya. 

 

Tips Memilih Travel Haji dengan Tepat

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk bisa memilih travel haji dan umroh berkualitas serta amanah. Berikut beberapa tips yang bisa membantu Anda untuk memilih agent travel berkualitas, antara lain:

1. Memeriksa legalitas agent travel

Legalitas dari suatu agent travel merupakan bagian penting. Jadi, ada baiknya Anda terlebih dahulu memeriksa dari suatu agent tersebut. Karena hal ini sangat penting dalam memilih travel haji dan umroh.

Untuk memeriksa legalitas dari agent travel, bisa diakses di laman Kementrian Agama. Kemenag RI sendiri sudah memberikan akses bagi masyarakat untuk memeriksa perizinan dari agent yang sudah terdaftar. 

Anda bisa memeriksa serta mencari tahu izin PPIU (Penyelanggara Perjalanan Ibadah Umroh) dari agent travel. Apabila tidak ditemukan PPIU tersebut, Anda bisa langsung mengadukannya.

2. Harga 

Tidak bisa dipungkiri, harga menjadi salah satu tolak ukur bagi setiap orang yang ingin menjalankan ibadah ke tanah suci. Memilih travel haji dan umroh dengan harga terjangkau merupakah pilihan tepat. 

Ada patokan harga dari Kemenag RI untuk melakukan perjalanan ke tanah suci, apalagi pada masa pandemi COVID 19. Secara umum kisaran harga untuk menunaikan ibadah umroh berkisar Rp20 juta untuk reguler.

Sementara itu, untuk harga ibadah haji sendiri berkisar Rp 40 juta. Harga juga bisa lebih tinggi, tergantung dari fasilitas yang ditawarkan oleh agent travel itu sendiri. 

3. Durasi Ibadah Haji dan Umroh

Durasi untuk ibadah haji biasanya 20 sampai 30 hari, bisa saja durasi tersebut bertambah. Dikarenakan Jemaah harus menjalani karantina karena pandemi COVID 19. 
Untuk durasi umroh, biasanya Jemaah menjalankannya selama 9 hari. Dimasa pandemi sekarang ini durasinya juga ikut bertambah menjadi 14 hari sudah termasuk karantina.

Biasanya agent travel menawarkan paket premium. Untuk semua pendaftaran sudah dibantu oleh biro perjalanan tersebut. Bagi Anda yang ingin mendapatkan paket ibadah ke tanah suci premium, Anda bisa memilih travel haji dan umroh yang tersedia.

4. Waktu Atau Masa Tunggu

Pada saat Anda memilih travel haji dan umroh, masa tunggu menjadi bagian penting selain harga. Pada Peraturan Menteri Agama (PMA) nomor 8 tahun 2018, masa tunggu 
ibadah umroh maksimal 6 bulan setelah jemaah mendaftarkan diri. 

Sementara itu, ibadah haji memilki masa tunggu lumayan lama. Bagi jemaah yang mendaftar sendiri alias reguler, masa tunggu untuk bisa menunaikan ibadah haji bisa 7 sampai dengan 8 tahun.

Berbeda dengan jemaah dengan paket haji plus. Jemaah memiliki masa tunggu yang terbilang cepat yaitu, 3 tahun.

5. Ketersediaan Pembimbing Haji dan Umroh

Agent travel biasanya menyediakan pembimbing pada saat Anda menunaikan ibadah haji dan umroh. Sehingga, Anda bisa lebih tenang dan khusyuk dalam menjalankan ibadah. Pembimbing dari biro perjalanan tersebut, akan selalu menemani jemaah pada saat menunaikan ibadah. 

Untuk ketersediaan pembimbing ini, Anda bisa langsung menanyakan kepada agent yang sudah Anda pilih. Pastikan Anda memilih travel haji dan umroh dengan legalitas jelas, serta terdaftar di Kementiran Agama.

Agar ibadah yang dilaksanakan lebih khusyuk, Anda juga tenang, Anda bisa memilih travel yang terpercaya dan memiliki rekam jejak yang bagus seperti kami Mabruk Tour. 

Anda bisa meminta rekomendasi paket ibadah yang tepat untuk Anda sehingga perjalanan Anda ke Tanah Suci menjadi lancar. Sebab, Anda memilih travel haji dan umroh yang terpercaya.