Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Tips Memilih Travel Haji Plus yang Aman dan Berkualitas

Belakangan banyak yang menanyakan jasa travel haji plus amanah dan berkualitas. Ya, haji adalah rukun islam yang kelima, dan merupakan peristiwa penting bagi umat Islam.
 
Jika Anda ingin mendaftar Haji Plus, maka ketahui dahulu cara memilih agen perjalanan Haji Plus yang memiliki reputasi baik dan berkualitas tinggi untuk menghindari pengalaman yang tidak menyenangkan.
 
Dengan adanya jemaah setiap tahun, maka tanah suci mekkah tidak pernah sepi. Akibatnya, sering terdengar contoh penipuan yang dilakukan oleh orang-orang yang menyamar sebagai agen perjalanan haji.
 

Tips Memilih Travel Haji Plus yang Amanah

 
Berangkat dari hal ini, kami akan memberikan saran untuk memilih biro haji plus yang aman dan bertanggung jawab. Di antaranya adalah:
 
1. Telah Terdaftar di Kementrian Agama
 
Tentu saja, travel haji harus mendapatkan sertifikat atau persetujuan dari Kementerian Agama Republik Indonesia untuk melakukan keberangkatan ke tanah suci.
 
Karena pihak penyedia harus melakukan banyak persiapan sebelum membuka biro perjalanan, terutama yang berkaitan dengan surat-surat penting dan dokumen yang ada. 
Misalnya seperti NPWP perusahaan, tanda daftar perusahaan, dan lain-lain.
 
2. Memiliki Reputasi yang Baik
 
Tips selanjutnya adalah pastikan travel haji plus tersebut memiliki reputasi yang baik. Anda dapat berbicara dengan teman, tetangga, atau anggota keluarga yang telah menggunakan layanan agen perjalanan potensial.
 
3. Memiliki Jadwal Keberangkatan yang Jelas
 
Agen perjalanan haji dengan reputasi baik harus memiliki jadwal keberangkatan yang jelas. Jika travel haji plus/agen khusus menjamin keberangkatan dalam satu tahun ke depan atau bahkan lebih lama dari itu, Anda sebagai pelanggan harus waspada.
 
4. Memiliki Harga yang Wajar
 
Tidak bisa dipungkiri, banyak calon jamaah yang masih tergiur dengan harga haji terjangkau namun tidak wajar. Biaya haji plus biasanya lebih besar dari biaya haji standar. Itu artinya, Anda harus waspada jika ada yang menawarkan harga lebih rendah dari haji reguler.
 
5. Perhatikan Fasilitas yang Ditawarkan
 
Fasilitas adalah faktor penting yang harus dipikirkan karena mempengaruhi kenyamanan Anda selama perjalanan haji.
 
Fasilitas utama yang pasti dibutuhkan jemaah haji adalah yang berkaitan dengan perjalanan, penginapan, transportasi, makan tiga kali sehari, ritual, muthawif, air zam-zam, dan banyak hal lainnya.
 
6. Cek Berdirinya Perusahaan
 
Lihat tahun berdirinya agen perjalanan. Ya, semakin lama sebuah bisnis berdiri, maka semakin banyak pula pengalaman yang diperolehnya sebagai penyedia layanan perjalanan umroh dan haji plus.
 
7. Cek Biaya yang Tidak Ditanggung Perusahaan
 
Sebelum memilih travel haji plus, Anda harus mengetahui berbagai layanan yang akan Anda terima, seperti: Total biaya / harga tetap, biaya lain yang harus dibayar 
jamaah (Pajak Bandara, Visa, dan Vaksin) , hotel berbintang apa untuk menginap, dan seberapa jauh dari tempat ibadah (Masjid Nabawi dan Masjidil Haram).
 
Jadwal manasik sebelum keberangkatan, pengadaan perlengkapan umroh/haji Plus (tas travel, kain ihram, mukena, seragam, buku panduan manasik, KTP, dll), jaminan asuransi jiwa dan kecelakaan, serta kemudahan pembayaran dan pengembalian.
 
8. Cara Pembayaran
 
Semua kegiatan yang berhubungan dengan pembayaran harus dilakukan melalui layanan perbankan (rekening transfer/debit) dengan menggunakan sistem transaksi pembayaran.
Faktur Pembayaran dengan stempel perusahaan harus digunakan sebagai bukti pembayaran jika Anda memilih untuk membayar tunai atau langsung di kasir.
 
Yang paling penting, hindari membayar ke rekening atas nama pribadi jika Anda ingin transfer dana. Sekalipun rekening tersebut mengatasnamakan penanggung jawab perusahaan.
 
9. Cek Cabang dari Tour
 
Biasanya travel haji plus menawarkan kesempatan untuk membuka kantor cabang di berbagai daerah seluruh Indonesia dengan tujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada jemaah haji, sesuai dengan perkembangan perusahaan dan tuntutan para jemaah akan kemudahan dalam hal pendaftaran umroh/haji plus.
 
Jika Anda memilih untuk mendaftar melalui kantor cabang, Anda harus memperhatikan hal-hal berikut: Pengangkatan Agen Perwakilan Resmi dari Kantor Pusat yang masih berlaku; domisili Kantor Perwakilan; Penanggung Jawab Kantor Perwakilan; dan Manajer Sumber Daya Manusia Kantor Perwakilan.
 
Ya, biro perjalanan haji yang amanah dan berkualitas harus memenuhi lima kriteria di atas. Sebelum memilih agen perjalanan, Anda harus mempertimbangkan kembali jika satu atau lebih dari kriteria tersebut belum terpenuhi.
 
Anda bisa mendapatkan rekomendasinya dari teman atau keluarga. Cari yang amanah dan bertanggung jawab seperti Mabruk Tour. Di mana pihak travel haji plus kami terbukti memberangkatkan jamaah haji dari tahun ke tahun, dengan fasilitas lengkap di dalamnya.