Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Tips Mempersiapkan Dana Umroh, Persiapkan dari Sekarang

Bagi yang berencana untuk pergi Umroh, ada beberapa tips mempersiapkan dana umroh. Seperti kita ketahui, bisa pergi umroh merupakan salah satu dambaan setiap umat muslim di dunia.
 
Mulai dari anak muda hingga orangtua, semua berkeinginan bisa pergi ke Tanah Suci. Tapi seperti yang diketahui, biaya untuk ke sana tidaklah murah, kita perlu mempersiapkan dananya jauh-jauh hari.
 
Salah satunya dengan cara mulai menabung sejak dini. Namun dalam proses menabung ini perlu konsisten serta niat yang kuat. Maka dari itu, penting untuk mengetahui beberapa tips dalam mempersiapkan dananya.
 

Berikut Tips Mempersiapkan Dana Umroh

 
Seperti telah dibahas sebelumnya, agar bisa pergi umroh Anda perlu menyiapkan dananya jauh-jauh hari. Berikut ini beberapa tips yang perlu dilakukan untuk mempersiapkan dana umroh, antara lain seperti :
 
1. Buat target 
 
Tips pertama, buat target tabungan untuk beribadah ke Tanah Suci. Dengan cara melakukan riset terlebih dahulu mengenai biayanya, kemudian tentukan target tabungan serta jangka waktu menabungnya. 
 
Target ini akan membuat Anda lebih bersemangat lagi untuk menabung. Umumnya, biayanya sekitar puluhan juta per orang, untuk mencapainya perlu niat serta komitmen yang kuat.
 
2. Sisihkan 10% dari pendapatan setiap bulan 
 
Setelah membuat target, tips mempersiapkan dana umroh berikutnya adalah dengan menyisihkan 10% dari pendapatan setiap bulan. Hasil dari tabungan ini nanti akan digunakan untuk membayar DP sebagai dana akomodasi.
 
Dengan begitu Anda dapat konsisten dalam mengalokasikan dana persiapan ke Mekkah. Apabila mempunyai gaji 6 juta per bulan, maka Anda dapat mengalokasikan minimal 600 ribu ke rekening khusus.
 
3. Apabila gagal menabung, beri hukuman 
 
Tips mempersiapkan dana umroh berikutnya, Anda perlu memberi hukuman kepada diri sendiri apabila gagal menabung. Dalam menjalankan ikhtiar menabung ini memang tidak 
mudah, pasti akan ada godaan untuk membelanjakannya.
 
Maka dari itu untuk mendisiplinkan diri, perlu komitmen kuat dengan diri sendiri. Beri efek jera atau hukuman kepada diri sendiri apabila tidak bisa mencapai target. 
 
Hukumannya, mungkin bisa melipatgandakan tabungan di bulan depan. Bisa juga dengan menambah amalan sunnah bila 1 target tidak berhasil tercapai. Hal ini untuk mendidik diri agar lebih disiplin dan konsisten.
 
4. Mengajak teman menabung bersama
 
Tips mempersiapkan dana umroh selanjutnya, Anda bisa mengajak teman untuk menabung bersama. Karena terkadang, sulit memang rasanya untuk mempertahankan semangat menabung apabila dilakukan seorang diri.
 
Maka dari itu, Anda bisa mengajak teman, saudara, suami atau istri untuk menabung bersama. Ajak mereka untuk bersama-sama komitmen memulai menabung, dengan begitu Anda akan lebih termotivasi untuk menabung.
 
5. Cari penghasilan tambahan
 
Tips mempersiapkan dana umroh berikutnya Anda bisa mencari penghasilan tambahan selain dari pekerjaan utama. Apalagi bila gaji Anda masih kurang banyak dari target menabung per bulan.
 
Seperti diketahui, biaya umroh tidak murah dan memiliki giliran waktu yang jelas. Maka, apabila keinginan Anda ingin cepat terpenuhi, sebaiknya lipat gandakan usaha sehingga target menabung bisa lebih dari 10%.
 
6. Buka rekening tabungan umroh
 
Setelah Anda mulai menabung dan mencari penghasilan tambahan, mulailah membuka rekening tabungan khusus umroh. Dengan begitu, Anda bisa lebih fokus menabung ke rekening yang berbeda dengan rekening sehari-hari.
 
Saat ini banyak bank yang menawarkan program tabungan menarik dan juga cocok bagi umat muslim. Biasanya umat muslim menyiapkan rekening khusus tabungan untuk beribadah di bank Syariah.
 
7. Batasi biaya bulanan
 
Untuk bisa mencapai target tabungan, tips mempersiapkan dana umroh selanjutnya Anda bisa batasi pengeluaran setiap bulan. Misalnya, biaya harian seperti listrik, makan, biaya hidup tidak lebih dari 40% per bulan.
 
Lalu biaya untuk tabungan darurat tidak lebih dari 10% per bulan, asuransi kesehatan 10% per bulan dan sebagainya. Hingga akhirnya dapat menabung untuk ke Tanah Suci kisaran 10-20% per bulan.
 
8. Pilih biro travel terpercaya
 
Tips terakhir setelah mempersiapkan dana, Anda bisa mulai mencari biro travel yang professional dan terpercaya. Saat ini banyak pilihan travel yang menawarkan berbagai paket menarik dengan harga terbaik.
 
Tapi perlu diingat, tidak semua biro dapat dipercaya. Terkadang ada oknum nakal berkedok agen travel umroh yang menawarkan harga kelewat murah. Padahal nantinya uang itu akan dibawa kabur.
 
Maka dari itu, jangan sampai Anda salah dalam memilih agen travel umroh. Anda dapat menggunakan jasa travel kami, Mabruk. Kami merupakan agen travel umroh professional dan terpercaya.
 
Sudah berpengalaman memberangkatkan puluhan jama’ah dengan selamat. Setelah Anda melakukan beberapa tips mempersiapkan dana umroh di atas, Anda bisa hubungi kami bila tertarik menggunakan jasa kami di https://www.mabruk.co.id.