Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Tips Mempersiapkan Haji dan Umrah yang Nyaman

Seperti apa mempersiapkan haji dan umrah yang nyaman? Anda tahu bahwa ada dua jenis ibadah berbeda yang dipersembahkan ke Tanah Suci. Ibadah haji dan umrah didahulukan. 
 
Ada beberapa variasi yang sangat mendasar antara haji dan umrah dalam bagaimana dua sesi ibadah tersebut dilakukan maupun cara mempersiapkan ibadah haji dan umrah.
 
Mengetahui perbedaan antara haji dan umrah diharapkan akan sangat membantu saat Anda bersiap-siap untuk melakukan perjalanan ke Tanah Suci untuk menjalankan ibadah 
Muslim Anda.
 
Ketahui Pengertian dari Haji dan Umrah
 
Pengertian haji adalah Seorang Muslim diwajibkan untuk melakukan haji, dalam rukun Islam kelima, setidaknya sekali dalam hidup mereka. Namun, ada pembenaran mengapa perjalanan harus dilakukan jika seseorang mampu. 
 
Mampu berarti bahwa seorang Muslim dianggap mampu baik secara finansial maupun fisik. Dengan kata lain, mereka yang mampu harus melakukan perjalanan untuk menyempurnakan rukun Islam yang lima untuk menjadi seorang Muslim sejati.
 
Definisi umrah Bahasa yang digunakan selama haji dan umrah berbeda selama pengabdian umrah. Umrah umumnya digunakan untuk merujuk pada ziarah keagamaan. 
 
Singkatnya, ziarah umrah adalah perjalanan ke Baitullah (Ka'Bah) untuk melakukan ritual tertentu. Mencukur, thawaf, dan sa'i termasuk rukun umrah.
 

Tips Mempersiapkan Haji dan Umrah

 
Meskipun haji dan umrah berbeda dalam beberapa hal, Anda mungkin berusaha mempersiapkan kedua ibadah tersebut dengan cara yang sama. 
 
Meskipun ada perbedaan antara haji dan umrah, Anda harus menyadarinya karena perencanaan dan mempersiapkan haji dan umrah secara cermat tetap diperlukan untuk memastikan perjalanan haji Anda berjalan sesuai keinginan.
 
1. Memenuhi Semua Persyaratan
 
Anda harus memenuhi kriteria tertentu untuk menunaikan ibadah haji atau umrah. Kondisi yang diperlukan untuk menyelesaikan haji ini adalah sama terlepas dari perbedaan antara haji dan umrah. Berikut ini adalah definisi untuk istilah umum.
 
- Beragama Islam
 
- Berakal Sehat
 
- Sehat jasmani dan rohani. 
 
- Baligh, sudah dewasa
 
- Bukan budak
 
- Mampu pada tingkat materi, mental, dan fisik
 
Mempersiapkan haji dan umrah Anda harus memenuhi persyaratan khusus untuk pendaftaran umrah dan haji setelah memenuhi persyaratan umum ini. 
 
Menjadi Muslim dan memiliki KTP yang masih berlaku atau melampirkan tanda pengenal lain yang diakui secara hukum adalah satu-satunya persyaratan untuk pendaftaran Umrah. Berikut syarat-syarat pendaftaran haji yang harus Anda ketahui dan penuhi.
 
- Beragama Islam
 
- Memiliki usia minimal 12 tahun sebelum mendaftar
 
- Tambahkan KTP Anda dan kartu identitas resmi lainnya.
 
- Kartu keluarga
 
- Akta kelahiran, akte kelahiran, surat nikah atau kutipan ijazah
 
- Tabungan atas nama jemaah
 
- Foto warna, gambar 3x4 dengan latar belakang putih
 
- Jika perlu, surat keterangan domisili pemerintah daerah juga mungkin diperlukan.
 
2. Keadaan Ekonomi yang Stabil
 
Anda harus berada dalam kondisi keuangan yang baik untuk mempersiapkan haji dan umrah. Pasalnya, meski haji dan umrah memiliki beberapa varian, namun untuk kedua kegiatan tersebut dibutuhkan dana yang tidak sedikit. 
 
Untuk menghindari biaya ibadah yang mengganggu kebutuhan harian Anda, alangkah baiknya jika Anda terlebih dahulu memiliki situasi keuangan yang stabil dalam waktu yang ditentukan.
 
3. Tubuh yang Prima dan Sehat
 
Anda harus mempersiapkan kesehatan dan keuangan Anda untuk menunaikan ibadah haji atau umrah. Tidak peduli bagaimana haji dan umrah berbeda, berusahalah untuk mengubah cara hidup Anda menjadi lebih baik. 
 
Alangkah baiknya jika Anda sudah mulai merencanakan dan mempersiapkan haji dan umrah di usia muda. Akan lebih mudah bagi Anda untuk melakukan aktivitas fisik di usia muda, seperti olahraga yang menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.
 
Anda bisa mulai menabung dengan bank yang banyak menyediakan tabungan haji dan umrah jika ingin mulai mempersiapkan finansial untuk ibadah umrah dan haji. 
 
Anda cukup mengatur kebutuhan tabungan haji atau umrah atau simpanan lainnya sesuai pilihan Anda dalam jangka waktu harian, mingguan, dan bulanan. Selain itu, Anda 
juga bisa menyerahkan segara urusan haji dan umrah pada Mabruk Tour.
 
Selain persiapan yang matang, agen travel haji dan umrah juga perlu dipilih dengan baik. Mabruk Tour merupakan pilihan tetap mempersiapkan haji dan umrah yang lancar.