Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Tips Menabung Dana Umroh Agar Cepat Target dan Berangkat

Ibadah umroh butuh biaya banyak biaya, tidak mengherankan jika banyak yang menerapkan tips menabung dana umroh agar bisa target dan berangkat. Harus ada strategi khusus dan langkah tepat agar keuangan mampu menjangkau target finansial tersebut dengan lancar. 
 
Pada sisi lain umroh juga menjadi salah satu impian dari sebagian besar umat muslim di seluruh dunia. Mampu menginjakkan kaki di tanah suci menjadi salah satu bentuk ibadah yang paling didambakan oleh umat beragama Islam. 
 
Namun biaya perjalanan yang terbilang tinggi membuat Anda harus menabung mulai dari sekarang. Bukan hanya sekedar biaya perjalanan saja. Namun Anda juga harus menyiapkan biaya hidup dan bekal yang cukup selama kegiatan ibadah tersebut.
 
Tips Menabung Dana Umroh yang Bisa Anda Coba
 
Sebagai umat muslim tentu memiliki cita-cita untuk dapat melaksanakan rukun Islam terakhir, yakni pergi umroh atau haji. Namun keinginan tersebut tidak mudah terwujud karena membutuhkan keyakinan dan usaha besar untuk mempersiapkannya. 
 
Ada orang dengan penghasilan rendah tapi mampu menunaikannya, namun tidak sedikit pula yang dianggap mampu justru sulit untuk melaksanakannya. Hakikatnya Allah tidak 
akan memanggil yang mampu melainkan memanggil yang mau. 
 
Tips menabung dana umroh bisa menjadi salah satu bentuk ikhtiar menuju ke Baitullah. Agar keinginan tersebut dapat tercapai berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan.
 
1. Sisihkan 10% Pendapatan Setiap Bulan
 
Cara pertama adalah menyisihkan sekitar 10% dari pendapatan setiap bulan. Hasil dari tabungan tersebut nantinya akan digunakan untuk down payment akomodasi ibadah umroh. Terlebih lagi biaya untuk melakukan ibadah tersebut terbilang tidak murah.
 
Setidaknya biaya paket umroh berkisar antara Rp28,5 juta sampai Rp35 juta. Besarnya biaya tersebut juga belum termasuk bekal yang harus dipersiapkan saat melaksanakan ibadah umroh. 
 
Menyisihkan sekitar 10% dari pendapatan setiap bulan juga termasuk ke dalam salah satu tips menabung dana umroh. Dengan konsisten menyisihkan sekitar 10% sampai 20% setiap bulan maka keinginan Anda untuk menunaikan umroh bisa cepat terwujud.
 
2. Buka Rekening Khusus Tabungan Umroh
 
Membuka rekening khusus tabungan umroh juga merupakan salah satu cara lain yang dapat Anda lakukan. Agar dana yang disimpan tidak rentan digunakan untuk kebutuhan lainnya dan Anda bisa fokus mengisi tabungan hingga tuntas. 
 
Agar tips menabung dana umroh bisa lebih maksimal, Anda bisa memilih produk deposito atau reksa dana. Jika dibanding tabungan biasa menyimpan uang dalam bentuk deposito atau reksa dana mampu memberikan imbalan hasil menjanjikan. 
 
Hal ini mampu membuat target keuangan menjadi lebih mudah dan ringan. Jadi peluang untuk bisa mewujudkan impian berangkat beribadah tepat waktu akan menjadi lebih besar.
 
3. Cara Tambahan Penghasilan
 
Tips menabung dana umroh selanjutnya adalah mulai memikirkan cara menambah penghasilan. Bukan hanya menjamin kebutuhan lain, penghasilan lebih besar juga mampu mempercepat proses target tabungan Anda agar bisa tercapai. 
 
Salah satu cara paling mudah yang bisa Anda lakukan adalah menjadi seorang freelancer secara online. Saat ini sudah ada banyak sekali lowongan tersebut yang bisa Anda temui melalui internet. 
 
Pilihan lainnya Anda bisa merintis bisnis usaha kecil-kecilan di rumah atau berbasis online. Pada intinya pilih kerja sampingan yang fleksibel dan bisa dilakukan di waktu senggang. Jadi pekerjaan tersebut tidak akan mengganggu produktivitas Anda selama bekerja.
 
4. Selalu Disiplin dan Konsisten Saat Menabung
 
Biaya untuk melakukan ibadah umrah terbilang cukup besar. Jadi proses menabung yang Anda perlukan juga membutuhkan waktu lama dan tidak sebentar. 
 
Jika diimbangi dengan disiplin dan konsisten agar upaya untuk mencapai target keuangan tidak berhenti di tengah jalan. Oleh sebab itu selalu kuatkan niat dan semangat 
agar proses untuk mencapai tabungan umroh bisa sesuai dengan target yang sudah ditetapkan.
 
5. Beri Hukuman Jika Gagal Menabung
 
Dalam menjalankan ikhtiar untuk mempersiapkan tabungan umroh memang terbilang tidak mudah. Ada kalanya Anda mengalami banyak godaan membelanjakan uang tabungan tersebut untuk keperluan lain. 
 
Namun penting untuk selalu mendisiplinkan diri. Anda juga bisa memberi hukuman atau efek jera apabila tidak bisa memenuhi target tabungan tersebut. Salah satunya adalah hukuman untuk melipatgandakan tabungan di bulan depan.
 
Tingginya biaya yang harus dipersiapkan sering menjadi kendala bagi sebagian banyak orang. Asalkan memiliki tekad dan niatan tinggi impian tersebut pasti bisa terwujud. Hal terpenting mengikuti tips menabung dana umroh agar target keuangan bisa dicapai dengan mudah.