Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Tips Menghafal Bacaan Haji yang Mudah untuk Dipraktekkan

Tips menghafal bacaan haji harus dilakukan agar Ibadah Haji tercapai dengan baik. Umumnya, Syarat wajib haji dikenal sebagai rukun haji dan doa. Apabila hal ini dilakukan maka ibadah haji kurang sempurna atau tidak sah.
 
Ibadah Haji adalah salah satu kewajiban setiap muslim yang ada di dunia. Ibadah haji bisa dilaksanakan setiap setahun sekali bagi muslim yang mampu secara materi, fisik, serta keilmuan.
 
Tips Menghafal Bacaan Haji yang Mudah
 
Pada dasarnya, bacaan ibadah haji tidaklah begitu sulit jika dihafal. Di bawah ini sudah ada beberapa tips menghafal bacaan haji yang cepat dan mudah, antara lain:
 
1. Perlu mendengarkan CD, kaset, MP3 doa haji dan umroh, baik sedang di mobil, rumah, kantor, maupun di mana saja agar lebih cepat hafal.
 
2. Buat target doa apa saja yang ingin dihafalkan. Contohnya saja untuk doa mengenakan pakaian ihram yang ditargetkan harus hafal dalam tiga hari. Anda bisa membuat tabel, agar terjadwal dan target doa bisa tercapai.
 
3. Ucapkan doa saat menghafalkannya agar lebih mudah diingat, sehingga tidak hanya sekedar dihafalkan didalam hari.
 
4. Doa sapu jagat ini juga termasuk ke dalam kategori doa yang disyariatkan.
 

Pentingnya Mengetahui Rukun Ibadah Haji

 
Rukun ibadah haji memang sangat penting diketahui, agar Ibadah Haji bisa terlaksana dengan baik. Adapun beberapa syarat yang harus Anda ketahui antara lain:
1. Niat Haji dan Gunakan Ihram
 
Niat dalam ibadah juga menjadi salah satu hal penting dari rukun haji. Dalam melakukan manasik haji harus mengucapkan niat yang benar dengan menerapkan tips menghafal bacaan haji di atas.
 
Niat haji sama seperti niat untuk sholat. Biasanya, saat manasik bacaan niatnya adalah "Labbaika Allahumma hajjan". Setelah melafalkan niat, lalu memakai pakaian ihram dan membaca doanya.
 
Kewajiban menggunakan ihram bagi Jamaah pria bisa memakai kain panjang. Sedangkan, jamaah wanita tidak diperbolehkan menggunakan pakaian yang memperlihatkan bentuk tubuh.
 
2. Melakukan Wukuf di Arafah
 
Wukuf berarti berdo’a di Arafah, pada daerah yang luas jamaah haji. Anda bisa berdoa dan berdzikir memuji Allah SWT dan Rasulullah SAW. 
 
Waktu terbaik dalam melakukan rukun haji ini, yakni saat zawal pada 9 Dzulhijjah hingga terbitnya fajar tanggal 10 Dzulhijjah. Syarat melakukan Wukuf di Arafah, jamaah harus memenuhi persyaratan sah, seperti tidak gila, dan melakukan tips menghafal bacaan haji. 
 
3. Mengelilingi Kabah maupun Thawaf
 
Thawaf berarti mengelilingi ka’bah sekitar tujuh kali tidak boleh lebih. Masjidil Haram merupakan salah satu lokasi jamaah haji yang digunakan untuk melaksanakan thawaf. 
 
Biasanya, Thawaf dilakukan mulai dari Hajar Aswad. Apabila tidak bisa mendekati Hajar Aswad maka Anda dapat melakukannya dengan berjalan searah garis lurus dari Hadjar.
 
Kewajiban dalam melakukan thawaf yaitu jamaah haji harus mulai dari Hajar Aswad. Kemudian, mengelilingi Hajar Aswad dengan cara berjalan dilakukan sekitar tujuh kali putaran penuh.
 
Anda juga bisa berjalan memutar melawan arah jarum jam. Selain itu, jangan lupa untuk terus menerapkan Tips menghafal bacaan haji.
 
4. Melakukan Sa’i
 
Sa’i merupakan salah satu kegiatan berjalan antara bukit Shawa dan Marwa. Dimulai hanya dengan berjalan sebanyak tujuh kali dari bukit Shawa langsung menuju bukit Marwa. 
 
Selanjutnya, bisa membaca niat dengan khusyuk dan melainkan sekitar 7 putaran yang merupakan syarat dari Sa’i. Adapun syarat terakhir, yakni setiap putaran harus dilakukan secara berturut-turut.
 
5. Melakukan Tahallul
 
Tahalul merupakan kegiatan mencukur rambut kepala jika sudah selesai menunaikan ibadah haji. Tahallul termasuk bukti dari tunduknya Anda sebagai manusia yang lemah di hadapan Allah SWT. 
 
Biasanya, jamaah pria akan mencukur rambut kepalanya hingga tipis. Namun, bagi jamaah wanita tahalul dilakukan hanya dengan menggunting sedikit di bagian ujung rambut.
 
Dengan mengetahui tips untuk menghafal bacaan haji dan syarat haji, Anda bisa melaksanakan kewajiban dari Allah SWT tanpa ragu. Beberapa Rukun Haji dan doa yang ada di atas bisa dilakukan berdasarkan urutan.
 
Misalnya Saja dimulai dari Ihram, Wukuf, Thawaf, Sa’i, dan terakhir Tahalul). Namun, untuk panduan lengkap doanya Anda bisa tanyakan langsung ke ustadz atau belajar dari buku. Jangan lupa tips menghafal bacaan haji harus diterapkan dengan baik.