Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Tips Menjaga Kesehatan Saat Haji dan Umroh

Tips menjaga kesehatan saat haji dan umroh wajib untuk dipahami oleh semua calon jamaah. Dengan memahami tips-tips ini, Ibadah Haji atau umroh bisa dilakukan dengan lancar tanpa terkendala oleh masalah kesehatan.
 
Ada banyak alasan kenapa Anda harus menjaga kesehatan ketika hendak mengunjungi Baitullah. Salah satunya adalah faktor cuaca. Jangan samakan cuaca di Arab Saudi dengan di Indonesia. Terdapat perbedaan yang sangat besar diantara keduanya.
 
Agar bisa melaksanakan ibadah haji atau umrah dengan lancar, Anda harus memiliki ketahanan fisik yang maksimal. Tentu saja hal ini harus dipersiapkan sejak awal. Bahkan Jauh sebelum Anda melakukan keberangkatan ke negara tersebut.
 

Tips Menjaga Kesehatan Saat Haji dan Umroh 

 
Setelah kami rangkum dari berbagai sumber ada, 12 tips yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan kondisi tubuh dan menjaganya tetap sehat ketika beribadah haji atau umroh. Apa saja deretan tips tersebut? Langsung saja simak penjelasannya di bawah ini :
 
1. Lakukan skrining kesehatan secara menyeluruh
 
Tips menjaga kesehatan saat haji yang pertama adalah memastikan kalau tubuh Anda sudah mengalami skrining kesehatan sejak awal. Skrining kesehatan ini memastikan kalau kondisi dan ketahanan tubuh Anda berada dalam status optimal. 
 
Jika Anda sedang tidak fit maka dokter akan memberikan obat penangkalnya sejak awal. Dengan penggunaan obat penangkal ini Anda jadi sanggup untuk melaksanakan ibadah haji dengan baik dan benar. Proses screening ini untuk meminimalisir keberadaan penyakit berat di tubuh Anda.
 
2. Melatih ketahanan fisik sejak awal 
 
Seperti sudah kami sebutkan sebelumnya, ketahanan fisik merupakan modal utama ketika Anda hendak melaksanakan ibadah haji. Karena itu tips menjaga kesehatan saat haji lainnya adalah melatih ketahanan fisik sebelum berangkat. 
 
Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melatih ketahanan fisik ini. Salah satunya adalah dengan berjalan rutin setiap pagi dalam durasi 30 hingga 60 menit. Bagi Anda yang memiliki riwayat paru atau jantung, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum melakukan olahraga diatas.
 
3. Rutin mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi 
 
Selain 2 poin di atas, ada tips menjaga kesehatan saat haji lain yang tidak kalah penting untuk dilakukan. Tips tersebut adalah mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi dari awal. Asupan gizi berpengaruh besar terhadap kesehatan dan ketahanan tubuh Anda.
 
Hindari makanan yang tidak sehat dan rutin mengkonsumsi makanan bergizi merupakan cara terbaik untuk memaksimalkan kondisi tubuh agar bisa beribadah dengan baik di tanah suci. Jangan dianggap remeh karena hal ini akan berpengaruh besar terhadap tubuh.
 
4. Menghindari stres
 
Sering kali disepelekan, padahal stres berpengaruh besar terhadap kondisi ketahanan fisik tubuh Anda. Ketika Anda mengalami stres, hal ini akan berpengaruh buruk terhadap berbagai aspek di dalam tubuh dari mulai kesehatan, psikologis dan lain sebagainya. 
 
Konsultasikan dengan dokter ahli jika Anda memiliki potensi untuk mengalami stres karena hal ini akan berpengaruh besar terhadap kelancaran ibadah haji yang hendak dilakukan. Stres ini berdampak lebih besar jika dibandingkan dengan penyakit berat sekalipun.
 
5. Melakukan vaksinasi Influenza dan Meningitis 
 
Selain menjadi persyaratan utama, melakukan vaksin meningitis atau Meningokokus ACW135Y merupakan tips menjaga kesehatan saat haji lainnya. Penting untuk dipahami kalau penyakit meningitis ini bisa menyebar dengan sangat mudah di kalangan para jemaah haji.
 
Agar Anda terhindar dari penyakit tersebut, vaksinasi sejak awal merupakan tindakan terbaik yang bisa dilakukan. Untuk kondisi kesehatan yang lebih optimal, Anda juga bisa menambahkan vaksinasi pneumonia dan influenza.
 
6. Penuhi Kebutuhan Air Putih
 
Tips menjaga kesehatan saat haji selanjutnya adalah memenuhi kebutuhan air putih tubuh Anda. Air merupakan salah satu kebutuhan utama tubuh yang tidak boleh disepelekan. Dengan kadar air yang cukup, tubuh akan jauh lebih bertenaga ketika mengikuti semua tuntunan ibadah haji di tanah suci.
 
Sebaliknya kondisi tubuh yang tidak maksimal akan membuat tubuh menjadi mudah lelah dan tidak fokus. Selain bisa membahayakan kesehatan, tentu saja hal ini akan membuat Anda tidak bisa mengikuti ibadah haji dengan baik. 
 
Pastikan untuk melakukan beberapa tips di atas sejak awal. Tujuannya agar Anda bisa mengikuti ibadah haji dengan baik dan tidak terganggu oleh kondisi fisik yang melemah. Dengan tips menjaga kesehatan saat haji tersebut, Anda lebih mudah untuk melakukan ibadah haji dengan khusyu.