Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Tips Menjaga Kesehatan Selama Ibadah Haji Berlangsung

Menjalankan tips menjaga kesehatan tidak hanya penting bagi Anda yang sedang sakit. Calon jamaah haji juga wajib melakukannya, agar selama ibadah berlangsung tubuh tetap fit. Pasalnya kegiatan di tanah suci cukup padat mengingat prosesi yang harus dilewati.

Selain itu, Mekkah memiliki cuaca sangat berbeda dari tanah air. Sehingga, kemungkinan terjadi adaptasi terlebih dahulu oleh tubuh. Berdasarkan perkiraan, suhu di sana berpotensi menembus hingga 50 derajat celcius. Maka sudah bisa dibayangkan betapa ekstrim.

Apalagi hampir seluruh kegiatannya berlangsung dengan berlari-larian kecil. Berada di tengah-tengah gurun pasir yang sangat panas tentu Anda membutuhkan perlindungan diri. Oleh karena itu, bentuk imun dengan menjalankan tips menjaga kesehatan sejak berangkat.

 

Inilah Tips Menjaga Kesehatan di Tanah Suci yang Penting Diketahui

Meskipun sebelum dan sesudah keberangkatan Anda calon jamaah akan mengalami pemeriksaan kesehatan. Namun, tidak ada salahnya untuk menjaga tubuh agar tetap fit. 
Pasalnya hal ini akan berpengaruh terhadap keberlangsungan ibadah.

Beberapa tips menjaga kesehatan selama pelaksanaan ibadah haji, bisa Anda simak secara lengkap pada ulasan berikut ini :

1. Perbanyak Air Putih

Mekkah merupakan sebuah kota dengan padang pasir sangat luas. Sehingga cuaca yang dimilikinya cukup ekstrim mencapai suhu lima puluh derajat celcius. Sehingga, melakukan antisipasi kondisi bisa dilakukan dengan memperbanyak konsumsi air putih secara berkala.

Air putih merupakan sumber energi yang banyak disepelekan. Pasalnya hal ini berkaitan dengan hidrasi tubuh. Apabila tubuh kekurangan air dan terjadi dehidrasi, maka keseluruhan organ tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

2. Jaga Kondisi Tubuh dengan Konsumsi Madu

Apakah Anda pernah mengetahui manfaat madu? Salah satu nutrisi hasil dari lebah ini mampu menjaga kondisi Anda tetap sehat dan bugar. Sebab, kandungan didalamnya memiliki fungsi sebagai anti mikroba secara alami

3. Menggunakan Tisu Anti Bakteri

Tips menjaga kesehatan berikutnya bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan tisu anti bakteri. Pasalnya, peralatan ini seringkali dilupakan oleh sebagian jamaah. Padahal peranannya sangat penting dalam menjaga kesterilan.

Anda bisa memanfaatkan tisu anti bakteri untuk membersihkan tangan atau bagian penting dari tubuh. Sebab, dengan memiliki kondisi yang steril, Anda bisa memiliki kondisi tubuh yang fit dan terhindar dari penyebaran kuman berkelanjutan.

4. Memakai Masker

Mengapa masker masih sangat penting digunakan? Meskipun pemerintah sudah memberikan kelonggaran terhadap pemakaian peralatan ini. Namun, pada dasarnya hal tersebut tetap menjadi salah satu tips menjaga kesehatan.

Mengapa demikian? Sebab, Anda akan minim terkontaminasi dari bakteri luar. Mengingat banyak sekali mikroba yang melakukan penyebaran melalui udara. Jika menggunakan masker, maka hidung dan mulut akan terlindungi sehingga menurunkan risiko infeksi secara langsung.

5. Kontrol Asupan Makan

Mungkin sebelum keberangkatan Anda dipusingkan dengan segala perlengkapan pribadi. Padahal beberapa keperluan sudah disiapkan oleh agen secara lengkap. Namun, tentu saja masih ada banyak hal yang dirasa kurang.

Kesibukan ini seringkali membuat Anda lupa untuk mengontrol asupan makan. Oleh karena itu, pada tips menjaga kesehatan ini Anda wajib menjaga asupan makanan. Tetap terapkan makan 3 kali sehari dengan menu sehat dan bergizi.

6. Cek Kesehatan

Berikutnya, Anda juga bisa melakukan pengecekan kesehatan secara berkala. Baik melalui agen travel yang sudah menyediakan sebelum keberangkatan. Maupun secara individu untuk segera mengatasi permasalahan kesehatan yang sedang jamaah alami.

Biasanya bentuk cek kesehatan ini meliputi pengecekan lab total. Sehingga, jika terjadi permasalahan dengan kondisi calon jamaah dapat segera dilakukan rehabilitasi sebelum keberangkatan.

7. Kurangi Aktivitas

Semakin dekat dengan jadwal keberangkatan. Pastikan untuk mengurangi berbagai aktivitas dan fokus pada berbagai persiapan untuk ke tanah suci. Terlalu banyak mengerjakan banyak hal, hanya akan menurunkan imunitas tubuh setiap jamaah.

Anda bisa beristirahat selama 3 hari sebelum keberangkatan. Tujuannya sebagai bentuk antisipasi terhadap rasa lelah berlebih. Oleh karena itu, setiap calon jamaah akan diminta untuk fokus pada wajib haji, mulai dari Arafah, Muzdalifah hingga Armina.

Beberapa penjelasan di atas merupakan beberapa bagian yang sangat penting untuk calon jamaah terapkan. Pasalnya hal tersebut berkaitan erat dengan kondisi fisik selama pelaksanaan. Oleh karena itu, pembahasan tips menjaga kesehatan dapat sebagai referensi.