Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Tips Persiapan Sebelum Berangkat Haji agar Ibadah Lancar

Banyak hal yang harus Anda persiapan sebelum berangkat haji beberapa hal tersebut bersifat wajib. Namun, karena ibadah ini hanya bagi mereka yang mampu, Anda tidak perlu mengejar penerbangan ke tempat suci jika Anda memiliki masalah kesehatan dan administrasi. 
 
Persiapan sebelum berangkat ibadah haji meliputi upaya yang harus dilakukan berhubungan dengan ibadah wajib dan sunnah serta melakukan prosedur dengan sesuai, karena ibadah ini bersifat suci maka akan rugi jika ibadah Anda kurang maksimal dan tidak diterima oleh Allah SWT.
 
Jika Anda telah membayar paket kepada agen biro, urusan seperti tiket pesawat, visa serta paspor, penginapan dapat diurus oleh biro tersebut. Namun dari keperluan tersebut ada beberapa persiapan sebelum berangkat haji yang dipersiapkan diri sendiri baik barang bawaan maupun persiapan diri, berikut persiapan yang dapat dilakukan.
 

Berikut Belajar Pemahaman Ibadah Haji

 
Persiapan sebelum berangkat haji paling mendasar yaitu terkait rukun, tata cara haji, dan ibadah lainnya sesuai ketentuan hukum islam. Rukun haji meliputi ihram, wukuf di Arafah, tawaf, sa’i, cukur rambut, dan tertib. 
 
Anda harus memahami segala sesuatu yang perlu dilakukan untuk membuat haji Anda mabrur serta lengkapi dengan ibadah sunnah seperti memperbanyak membaca alquran, perbanyak berdzikir serta berdoa memohon ampunan dari sang pencipta.
 
Dalam ibadah ada larangan, jika Anda melaksanakan larangan tersebukan akan mendapat sanksi DAM. Adapun larangannya terbagi menjadi tiga yaitu untuk laki-laki, untuk perempuan, maupun bagi keduanya.
 
1. Larangan bagi laki-laki berupa dilarang memakai pakaian berjahit, dilarang memakai alas yang menutupi mata kaki, dan menutup bagian kepala.
 
2. Larangan bagi perempuan ada 2 yaitu dilarang memakai sarung tangan, cadar atau penutup muka.
 
3. Sedangkan laki-laki dan perempuan diharamkan memakai wewangian, memotong kuku, mencukur rambut atau dengan sengaja mencabutnya, sengaja membunuh binatang, menikahi wanita atau meminangnya, dilarang berhubungan suami istri, dan dilarang merusak tumbuhan.
 

Persiapan Sebelum Ibadah Haji Menjaga Kebugaran Fisik

 
Persiapan sebelum berangkat haji juga berupa persiapan terhadap fisik tubuh Anda agar tidak sakit. Untuk mengantisipasi hal tersebut persiapan sebelum berangkat ibadah haji dapat dilakukan dengan melatih kebugaran fisik dilakukan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan seperti berikut.
 
1. Olahraga rutin bisa dilakukan tanpa perlu melakukan olahraga berat, namun olahraga harian yang rutin sangat dianjurkan, seperti yoga, jalan santai, dan bersepeda. Anda akan mendapat keuntungan saat melakukannya olahraga secara rutin seperti, tubuh terasa lebih kuat dan segar, serta Anda tidak akan kaget dengan hal yang menguras tenaga karena Anda sudah biasa.
 
2. Melakukan vaksin meningitis dan influenza untuk mencegah penyakit menyebar lewat virus sangat berbahaya, ini merupakan peraturan wajib dari pemerintah Kerajaan Arab Saudi. Vaksin booster Covid juga diwajibkan mengingat sekarang masih dalam masa transisi dari pandemi menuju new normal.
 
3. Mengkonsumsi makanan bergizi untuk menjaga metabolisme tubuh dan mungkin menjaga suasana hati yang lebih baik. Cukup dengan pola 4 sehat 5 sempurna serta perbanyak minum air putih.
 
4. Tidur normal biasanya sekitar 8 jam, jika Anda sering tidur larut malam akan membuat tubuh lesu, lelah, serta mempengaruhi psikologi Anda.
 
5. Lakukan pemeriksaan rutin di PUSKESMAS terdekat dan diskusikan apakah Anda memiliki gangguan kesehatan yang dapat mengganggu ibadah Anda.
Persiapan Sebelum Berangkat Haji Merancang Keperluan Pribadi
 
Barang pribadi yang perlu persiapan sebelum berangkat haji berupa kebutuhan untuk beraktifitas serta beribadah selama kurang lebih 40 hari di Arab Saudi seperti kebutuhan mandi, pakaian yang cukup dan obat-obatan pribadi. Selain peralatan pribadi juga harus menyiapkan peralatan beribadah seperti sajadah, al quran, pakaian ihram cadangan, dan buku pedoman haji.
 
Uang saku yang Anda siapkan untuk ditukarkan ke mata uang Saudi yaitu Riyal, sesuaikan dan rencanakan berapa banyak uang saku yang Anda bawa. Hal terakhir yaitu mengurus biaya kartu telekomunikasi jaringan internet karena jika menggunakan kartu Indonesia dapat dikenakan biaya roaming sebesar Rp. 350.000 rupiah, atau Anda bisa membeli kartu yang dapat dipakai di Arab Saudi.
 
Bagi Anda yang berniat untuk menjalankan rukun Islam yang ke-5. Daftarkan diri Anda sekarang dan rencanakan langkah awal persiapan sebelum berangkat haji, untuk calon jamaah haji, yang terbaik adalah menerapkan gaya hidup sehat seperti yang disarankan.