Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Tips Terhindar Penipuan Travel Umrah, Wajib Diperhatikan

Maka dari itu tips terhindar penipuan travel umrah sangat penting agar Anda bisa lebih berhati-hati. Sebab tertipu oleh agen travel merupakan mimpi buruk bagi setiap orang setelah susah payah mengumpulkan uang dan ingin pergi umroh secepatnya. 

Sebelum benar-benar memberikan uang pada salah satu agen travel umroh, Anda perlu memastikan dengan tepat dan teliti mengenai beberapa calon agen yang akan dipilih. Jangan sampai setelah susah-susah menabung Anda mendapatkan kesusahan hanya karena kurang teliti memilih agen keberangkatan umroh.

 

Berikut Beberapa Tips Terhindar Penipuan Travel Umrah

Di bawah ini akan kami terangkan tips terhindar penipuan travel umrah agar dapat Anda perhatikan dengan baik. 

1. Memastikan Agen Travel Memiliki Izin Resmi

Tips pertama agar terhindar penipuan travel umrah adalah memastikan agen tersebut memiliki izin resmi. Bagaimanapun sebuah penyelenggara perjalanan ibadah umrah yang resmi pasti telah mendapatkan izin dari Kementrian Agama. Maka dari itu dari calon pengguna seperti kita juga harus cerdas memilih. Salah satu cara mengeceknya dapat melalui aplikasi resmi Kementrian Agama.

2. Memeriksa Rekam Jejak dan Kredibilitas

Tips selanjutnya yaitu memeriksa rekam jejak dan kredibilitas. Cara ini cukup berguna digunakan karena saat ini banyak sekali tawaran jasa penyelenggaraan perjalanan ibadah umrah ini.

Biasanya Anda dapat mendapatkan review melalui teman yang mungkin telah menggunakan jasa travel tersebut. Atau jika tidak ada, Anda dapat melihat sejak kapan usaha tersebut dibuka. Semakin lama usaha tersebut kemungkinan sudah berpengalaman dan layanannya dapat teruji.

Anda juga dapat melihat testimoni dari konsumen yang biasanya terdapat pada website jasa travel umroh. Namun akan lebih baik jika mendapatkan testimoni secara langsung.

Selain itu Anda juga perlu memeriksa apakah pihak penyelenggara umroh tersebut pernah memiliki kasus buruk mengenai penyediaan jasa atau tidak sebagai upaya terhindar penipuan travel umrah.

3. Memastikan Jadwal Keberangkatan Jelas

Selanjutnya yaitu memastikan jadwal keberangkatan jelasnya. Apabila Anda memiliki poster keberangkatan yang ditawarkan pihak penyelenggara dapat ditanyakan dahulu mengenai nama maskapai, nomor penerbangan, serta tanggal dan jam keberangkatan. Setelah itu Anda perlu mengecek kembali untuk double check apakah keberangkatan di hari tersebut ada atau tidak.

4. Memastikan Nama dan Alamat Hotel

Tips terhindar penipuan travel umrah selanjutnya yaitu memastikan nama dan alamat hotel yang akan ditempati di Tanah Suci. Untuk bagian ini, Anda dapat menanyakan terlebih dahulu kepada pihak penyelenggara kemudian validasi melalui internet.

Langkah ini untuk memastikan apakah hotel itu benar-benar ada atau tidak, selain itu juga untuk memberikan kejelasan perjanjian antara pihak penyelenggara dan jamaah mengenai fasilitas yang diberikan.

Hal ini perlu dilakukan karena banyak sekali aduan penelantaran jamaah sebab tidak ada kejelasan perjanjian oleh pihak penyelenggara dengan jamaah mengenai fasilitas yang tercover dari biaya yang dibayarkan.

5. Jangan Tergiur dengan Harga Murah

Tips terhindar penipuan travel umrah selanjutnya adalah jangan tergiur dengan harga murah. Bagaimanapun pihak penyelenggara akan memberikan fasilitas terbaik dengan tetap memperhatikan keuntungan. Oleh karena itu kita sebagai calon konsumen harus dapat memilih dengan tepat.

Perlu melakukan riset harga dari beberapa agen travel yang ada selanjutnya Anda dapat menarik kesimpulan mengenai rata-rata harga suatu penyelenggara jasa. 

Kemudian, jika ingin mendapatkan kualitas terbaik dapat memilih agen travel dengan harga di atas rata-rata. Usahakan jangan memilih harga di bawah rata-rata sebagai 
salah satu upaya terhindar dari penipuan.

6. Memastikan Visa Umrah

Tips terhindar penipuan travel umrah selanjutnya yaitu memastikan visa yang digunakan dalam perjalanan umroh. Hal ini karena visa yang digunakan hanya dapat diajukan 
oleh biro travel umrah. Oleh karena itu harus benar-benar memastikan bahwa visa yang ditawarkan adalah visa umrah.

7. Hindari Sistem Antrean

Tips terhindar penipuan travel umrah terakhir yaitu hindari sistem antrean. Lebih baik pastikan jadwal keberangkatan yang jelas karena banyak jamaah tertipu sebab tidak mendapatkan Nomor Porsi Umrah.

Pilihlah agen umrah yang dapat memberangkatkan Anda setelah selesai melunasi pembayaran tanpa perlu mengantre terlalu lama.

Salah satu saran dari kami, Anda dapat menggunakan jasa Mabruk Tour yang amanah dan telah terpercaya. Sudah banyak jamaah menggunakan jasa dari Mabruk Tour untuk 
keberangkatan umrah mereka. 

Selain itu terdapat banyak paket yang ditawarkan dan dapat menyesuaikan budget yang Anda miliki. Anda dapat menghubungi melalui https://www.mabruk.co.id dan dijamin terhindar penipuan travel umrah.