Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Tips Umrah Tenang dan Aman untuk Pertama Kali

Menjalankan ibadah umrah tenang dan aman di Tanah Suci sudah pasti menjadi impian semua umat muslim. Maka dari itu diperlukan persiapan yang matang mulai dari persiapan sebelum berangkat hingga di Tanah Suci agar ibadah berjalan dengan lancar.
 
Umrah merupakan ibadah haji kecil yang dapat dilaksanakan kapan saja tanpa ada waktu khusus seperti pada ibadah haji. Dengan keistimewaan dapat beribadah langsung di Baitullah, tidak heran jika banyak orang ingin melaksanakan ibadah umrah sesering mungkin.
 
Bagi Anda yang belum pernah datang ke Tanah Suci, menjalani ibadah umrah pasti menjadi sesuatu hal sangat dinantikan. Akan tetapi agar ibadah umrah bisa berjalan lancar, tenang dan aman, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelumnya.
 
Lalu bagaimana tips atau cara ibadah bisa dilaksanakan dengan tenang, nyaman dan aman untuk jemaah baru dan belum pernah datang ke Tanah Suci sama sekali? Simak tips di bawah ini:
 

Tips Umrah Tenang dan Aman untuk Jemaah yang Pertama Kali Melaksanakan

 
Meski sangat dinantikan, akan tetapi beberapa orang yang belum pernah menjalankan ibadah umrah sama sekali mungkin masih merasa bingung bagaimana proses untuk bisa melaksanakan ibadah ke baitullah dengan aman dan nyaman.
 
Berikut ini beberapa tips agar menjalankan ibadah umrah dengan tenang dan aman untuk jemaah yang baru pertama kali datang ke Baitullah :
 
1. Persiapkan Waktu yang Tepat untuk Ibadah Umrah
 
Tips pertama jika ingin menjalankan ibadah umrah untuk pertama kalinya adalah pilih waktu keberangkatan dengan tepat. Dalam hal ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan salah satunya adalah iklim di Tanah Suci agar bisa terhindar dari musim yang bisa membuat Anda tidak nyaman saat beribadah.
 
Bagi umat muslim Indonesia, waktu terbaik untuk menjalankan agar bisa beribadah umrah tenang dan aman adalah pada bulan Februari hingga April. Bulan ini merupakan akhir peralihan dari musim dingin ke musim panas sehingga suhu udara relative nyaman.
 
2. Pilih Agen Travel yang Tepat
 
Salah satu kunci ibadah umrah agar bisa dilaksanakan dengan tenang dan aman adalah pilih agen travel yang terpercaya. Hal ini karena semua persiapan hingga agenda ibadah umrah Anda di Tanah Suci akan di atur oleh agen travel tersebut.
 
Untuk memilih agen travel terbaik, pastikan cek legalitasnya terlebih dahulu. Pilih agen travel yang terdaftar di website Kemenag karena sudah pasti resmi dan aman. Hal ini untuk menghindari risiko penipuan dari agen travel abal-abal.
 
3. Persiapkan Dokumen dan Perlengkapan yang Dibutuhkan 
 
Tips menjalankan ibadah umrah tenang dan aman yang selanjutnya adalah siapkan semua dokumen dan perlengkapan ibadah dengan lengkap. Hal ini penting sekali Anda perhatikan karena sangat berpengaruh terhadap kelancaran selama proses persiapan perjalanan umrah.
 
Untuk mengetahui dokumen dan perlengkapan apa yang harus diperlukan selama menjalani ibadah umrah, ada baiknya konsultasikan dengan agen travel. Agen travel juga akan membantu jemaah untuk mempersiapkan segala persyaratan dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk menjalankan ibadah tersebut.
 
4. Pahami Seluk Beluk Ibadah Umrah
 
Hal yang tak kalah penting dilakukan bagi jemaah saat baru pertama kali melaksanakan umrah adalah harus memahami seluk belum tentang ibadah umrah terlebih dahulu. Anda bisa mencari informasi mengenai ibadah umrah sebanyak mungkin agar nantinya tidak mengalami kesulitan.
 
Untuk memastikan calon jemaah bisa menjalankan ibadah umrah tenang dan aman, agen travel umrah biasanya akan menggelar kegiatan manasik umrah sebelum keberangkatan. Tujuannya untuk mengenalkan jemaah, bagaimana gambaran ibadah umrah di Tanah Suci nantinya.
 
5. Persiapan Jasmani dan Rohani
 
Satu lagi hal yang harus dipersiapkan saat ingin melaksanakan umrah tenang dan aman adalah persiapan Jasmani dan Rohani. Persiapan jasmani atau fisik dapat dilakukan dengan mulai rutin berolahraga. Jangan lupa juga melakukan pemeriksaan kesehatan serta vaksin untuk memastikan kondisi fit dan prima selama di Tanah Suci.
 
Sedangkan untuk persiapan rohani, mulailah dengan lebih rajin beribadah dan meningkatkan silaturahmi khususnya kepada orang yang sudah pernah menjalankan ibadah umrah sebelumnya.
 
Untuk memastikan ibadah umrah bisa berjalan lancar dan mambruk, diperlukan persiapan yang matang khususnya bagi jemaah yang baru pertama kali datang ke Tanah Suci. 
Maka dari itu, sangat penting untuk memilih agen travel yang tepat, agar ibadah umrah tenang dan aman mulai dari keberangkatan hingga pulang kembali ke tanah air.