Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Tips Umroh Bersama Anak Kecil, Persiapkan Ini

Menunaikan ibadah Umroh Bersama Anak Kecil bisa menjadi tantangan tersendiri. Mulai dari kebutuhannya yang berbeda hingga membiasakan anak dengan peraturan dan tata cara dalam menjalankan ibadah Umroh.
 
Merupakan sebuah pekerjaan yang tentu tidak mudah bagi orangtua. Kurangnya persiapan ketika menjalankan umroh dengan anak, berujung pada ibadah yang tidak khusyuk dan juga terganggu.
 
Tentunya Anda tidak ingin hal itu terjadi, bukan? Maka dari itu, bila ingin melaksanakan umroh dengan anak. Anda perlu merencanakan dan mempersiapkannya dengan benar-benar matang, agar ibadah bisa berjalan lancar. 
 

Tips Umroh Bersama Anak Kecil

 
Agar ibadah Anda di tanah suci bersama anak tidak terganggu, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Berikut ini beberapa tips beribadah umroh dengan anak yang perlu diketahui, antara lain :
 
1. Perhatikan Kesehatan si Kecil
 
Perbedaan iklim yang ekstrem di tanah suci, pastinya akan sangat berpengaruh pada kesehatan anak. Sehingga bila Anda umroh bersama anak kecil, pastikan anak dalam keadaan sehat sebelum berangkat ke sana.
 
Lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin gunanya, untuk mendeteksi bila ada penyakit sedini mungkin. Agar hal tersebut dapat dicegah dan ditanggulangi sebelum berangkat umroh. Vaksinasi merupakan salah satu hal wajib.
 
Yang perlu dilakukan calon jamaah, termasuk anak. Tetapi karena sistem kekebalan tubuh si kecil belum matang dan sempurna, konsultasikanlah pada dokter anak untuk mengetahui tambahan vaksin yang perlu dimiliki anak.
 
2. Pilihlah Waktu yang Tepat
 
Pemilihan waktu umroh bersama anak kecil sangat penting, sebab Tanah Suci mempunyai iklim yang berbeda dari Indonesia. Sehingga anak bisa jadi tidak terbiasa dengan perubahan cuaca ekstrem ini. 
 
Hindari menunaikan ibadah ketika Mekah dan Madinah memasuki musim panas. Yaitu di antara bulan April hingga Agustus. Bulan Oktober hingga Desember merupakan awal musim dingin di sana. 
 
Jadi suhu udara pada periode tersebut jauh lebih nyaman dan juga memudahkan si kecil untuk beradaptasi. Sehingga anak tidak mudah sakit maupun rewel disenankan karena kepanasan.
 
3. Urus Kelengkapan Persyaratan ibadah untuk Anak
 
Ketika mempersiapkan rencana umroh bersama anak kecil, tidak hanya orang tua. Anak-anak juga harus mempersiapkan berbagai macam persyaratan dan juga dokumen. Termasuk visa, paspor, dan juga Kartu Keluarga. 
 
4. Siapkan mainan favoritnya
 
Berada jauh dari rumah selama beberapa hari, dapat membuat si kecil menjadi rewel dan juga cepat bosan. Agar si kecil tidak cepat bosan selama perjalanan Umroh, jangan lupa.
 
Bawa mainan favoritnya atau berbagai hal lain yang dapat membantu anak melakukan berbagai macam aktivitas favoritnya. Di antaranya seperti membawa buku mewarnai atau rekaman video favoritnya.
 
5. Sediakan cadangan makanan dari tanah air
 
Tips umroh bersama anak kecil yang berikutnya, jangan lupa sediakan cadangan makanan dari tanah air. Mempersiapkan makanan khusus untuk si kecil dari Tanah Air merupakan hal yang tidak boleh disepelekan.
 
Tubuh si kecil yang masih dalam masa pertumbuhan, belum terbiasa mencicipi masakan yang berbeda dari di Indonesia. Belum lagi risiko alergi makanan jadi, bawalah cadangan makanan dari tanah air.
 
Di antaranya seperti biskuit bayi, sereal, susu dan berbagai macam jenis makanan lainnya. Yang sekiranya dapat dikonsumsi oleh si kecil selama dia berada di Tanah Suci.
 
6. Pastikan Selalu Siap Sedia Semua Perlengkapan Anak
 
Sama halnya seperti orang dewasa yang akan melaksanakan ibadah Umroh. Si kecil juga perlu mempersiapkan segala perlengkapan ibadah. Pastikan Anda sebagai orang tua telah mempersiapkan pakaian Ihram khusus anak. 
 
Larangan di dalam ibadah Umroh untuk orangtua juga berlaku kepada anak-anak. Sehingga Anda juga perlu mempersiapkan pakaian tidak dijahit dan juga pakaian sya’ri untuk anak-anak.
 
Untuk yang masih balita, jangan lupa keperluan wajibnya. Seperti selimut bayi, botol susu, popok, dan berbagai macam kebutuhan lainnya. Letakkan di dalam tas kecil, agar mudah di bawa ke mana-mana. 
 
7. Perhatikan Usia dan Kesehatan Anak
 
Usia sangat penting untuk diperhatikan para orangtua ketika membawa anak balita beribadah umroh. Anak 5 tahun yang aktif serta sehat dan juga cenderung lebih mandiri.
 
Pastinya berbeda dengan anak usia 2 atau 3 tahun. Anda juga harus memperhatikan risiko ketika membawa balita terkait kesehatan dan juga kondisi cuaca di sana yang berbeda dengan Indonesia. 
 
Jadi bila Anda berencana berangkat umroh bersama buah hati, kini tidak perlu bingung apa yang perlu dipersiapkan. Sebab sudah ada beberapa tips Umroh Bersama Anak Kecil yang bisa dijadikan pedoman.