Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Tips Umroh Bersama Anak, Persiapkan Semuanya dengan Baik

Tips umroh bersama anak wajib dipahami oleh semua orang tua. Jangan pernah menyepelekan hal ini karena ketika Anda melaksanakan ibadah umroh, fokus ibadah menjadi salah satu aset yang harus dipertimbangkan dengan baik.

Kebanyakan orang tua beranggapan kalau membawa anak hanya akan mengganggu proses ibadah yang hendak dilakukan. Pada hal ini tidak sepenuhnya benar. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar ibadah umroh tetap berjalan dengan lancar dan Anda masih bisa membawa anak ke tanah suci.

 

7 Tips Umroh Bersama Anak

Setelah kami rangkum dari banyak sumber ternyata ada 7 tips utama yang bisa dilakukan untuk umroh bersama anak-anak tanpa ribet sama sekali. Lantas apa saja tips yang bisa dilakukan tersebut? Langsung saja simak penjelasannya di bawah ini :

1. Pastikan Anda memilih waktu umroh yang tepat

Tips yang pertama adalah memilih waktu keberangkatan yang tepat. Kita semua tahu kalau tanah suci memiliki iklim yang jauh berbeda dengan Indonesia. Orangtua mungkin bisa beradaptasi dengan mudah pada iklim tersebut. Namun tidak demikian dengan anak-anak.

Mekah dan Madinah masuk ke musim panas pada bulan April sampai dengan Agustus. Sedangkan untuk musim dinginnya dimulai pada bulan Oktober hingga Desember. Sepertinya bulan-bulan ini jauh lebih pas jika Anda hendak melaksanakan ibadah umroh bersama anak.

2. Perhatikan kondisi kesehatan anak 

Tips umroh bersama anak lainnya adalah mengecek kondisi kesehatan anak sejak dini. Ketika anak mengunjungi tempat dengan perbedaan iklim yang sangat jauh, hal ini pasti akan sangat berdampak terhadap kondisi kesehatan mereka.

Untuk meminimalisir terjadinya risiko buruk, Anda harus mengecek kesehatan anak jauh sebelum keberangkatan dilakukan. Anda bisa melakukan pengecekan secara rutin dan menyeluruh untuk memastikan kalau anak-anak berada dalam kondisi yang optimal dan mampu beradaptasi dengan baik.

3. Siapkan perlengkapan anak 

Sama seperti orang tua, anak-anak juga harus memiliki perlengkapan ketika mereka hendak melaksanakan ibadah Umroh. Tentu saja ada banyak sekali yang harus disiapkan mulai dari pakaian ihram dan hal-hal penting lainnya. 

Jika Anda membawa anak balita, pastikan untuk membawa kebutuhan mereka seperti botol susu, popok, selimut dan kebutuhan lainnya. Jangan sampai Anda harus membeli perlengkapan di tanah suci, karena hal ini akan mengganggu fokus Anda ketika menjalankan ibadah Umroh.

4. Siapkan semua persyaratan umroh anak 

Tips umroh bersama anak lainnya adalah mempersiapkan semua persyaratan dokumen yang dibutuhkan untuk perjalanan umroh itu sendiri. Sebenarnya persyaratan umroh untuk anak ini sama dengan persyaratan umroh untuk orang dewasa. Perbedaannya hanya terletak pada Kartu Tanda Penduduk saja. 

Untuk anak-anak, Kartu Tanda Penduduk ini diganti dengan akte kelahiran dan Kartu Keluarga serta dilengkapi dengan KTP orang tua. tentu saja ada syarat-syarat lain yang harus disiapkan. Konsultasikan hal ini dengan penyedia jasa travel umroh yang Anda pilih.

5. Siapkan cadangan makanan 

Sita rasa makanan di Arab Saudi dan Indonesia tentu sangat jauh berbeda. Anda mungkin bisa beradaptasi dengan mudah terhadap selera makan seperti ini. Namun anak-anak mungkin akan sedikit kesulitan. Karena jauh lebih rekomended bagi Anda untuk menyiapkan bahan makanan sejak awal.

Tidak usah banyak-banyak, siapakan saja makanan yang sangat disukai oleh anak-anak. Tujuannya agar Anda bisa tetap memberikan asupan gizi terbaik meskipun sedang berada di negeri orang.

6. Mainan untuk anak 

Tips umroh bersama anak lainnya adalah membawa mainan mereka. Terlebih lagi jika Anda berencana untuk melaksanakan ibadah umrah bersama anak yang masih balita. Keberadaan mainan bisa membuat mereka jauh lebih tenang dan tidak mengganggu fokus ibadah yang sedang Anda jalankan.

7. Kereta dorong

Selain beberapa tips umroh bersama anak yang sudah kami jelaskan di atas, ternyata Anda tips lain yang tidak kalah patut untuk Anda coba. Tips tersebut adalah membawa kereta dorong anak atau stroller. Ini dikhususkan bagi Anda yang memiliki anak balita dan tidak mungkin untuk berdasarkan dengan jamaah lainnya.

Dari 7 tips yang sudah kamu susun di atas, mana yang mungkin Anda lakukan ketika berada di tanah suci bersama anak? Dengan melakukannya kami jamin perjalanan umroh Anda akan berlangsung jauh lebih lancar. Tidak perlu khawatir karena Tips Umroh Bersama Anak di atas bisa Anda penuhi tanpa mengeluarkan biaya besar.