Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Tips Umroh Bersama Anak, Tetap Aman dan Nyaman

Umroh merupakan salah satu ibadah bagi umat muslim di seluruh penjuru dunia, berangkat umroh bersama anak tentu harus dipersiapkan dengan baik. Sehingga keberangkatannya nanti tetap aman dan nyaman. 
 
Beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat membawa anak-anak untuk pergi ke tanah suci Mekkah adalah perbekalan yang cukup, kondisi badan dalam keadaan baik, hingga kondisi cuaca di Arab Saudi. 
 
Dengan persiapan serta perbekalan yang cukup, menunaikan ibadah bersama anak dan keluarga di tanah suci Mekkah akan berjalan lancar dan tetap khusyuk. Umroh atau haji merupakan salah satu ibadah yang dinanti oleh seluruh umat muslim. 
 
Tidak hanya dari Indonesia, ribuan hingga jutaan umat muslim dari seluruh penjuru Negara ingin datang ke tanah suci Mekkah. Ibadah ini dapat dilakukan bagi jamaah yang mampu, baik secara fisik maupun finansial. 
 
Sehingga untuk datang ke Mekkah, Anda harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik dan benar. Menunaikan umroh bersama anak menjadi tantangan tersendiri bagi setiap orang tua. 
 
Selain harus memberikan pengertian mengenai ibadah umroh yang akan dilaksanakan di sana. Orang tua juga harus memastikan kebutuhan anak selama disana dapat terpenuhi. Hal ini dikarenakan kebutuhan anak sangat berbeda dengan jamaah dewasa. 
 
Selain itu, jika anak-anak masih belum mengetahui tata cara pelaksanaan atau aturan selama berada di Mekkah, dapat mengganggu aktivitas ibadah Anda, dan akhirnya berujung pada ibadah yang tidak khusyuk atau terganggu. 
 

Tips Menunaikan Ibadah Umroh Bersama Anak

 
Tentu tidak mudah untuk melaksanakan ibadah umroh bersama dengan anak, karena banyak harus dipersiapkan dan diajarkan kepada anak-anak sebelum menunaikannya di tanah suci Mekkah. 
 
Untuk mengatasinya, Anda dapat merencanakan dan mempersiapkan segala keperluan ibadah ini bersama-sama dengan anak, hal ini dapat membantu Anda terhindar dari berbagai gangguan mungkin dapat muncul pada saat menjalankan ibadah. 
 
Berikut ini adalah beberapa tips umroh bersama anak yang bisa Anda persiapkan sebelum keberangkatan. 
 
1. Pilih waktu Umroh yang tepat
 
Pemilihan waktu menjadi hal utama yang harus Anda lakukan sebelum keberangkatan. Umroh bersama anak bukan hal yang mudah, banyak pertimbangan yang harus dilakukan, salah satunya adalah memilih waktu yang tepat. 
 
Memilih waktu yang tepat sangat penting, karena tanah suci Mekkah memiliki iklim yang sangat berbeda dengan Indonesia, sehingga bisa saja anak-anak tidak terbiasa dengan perubahan cuaca ekstrim. 
 
Sebaiknya, hindari menunaikan ibadah umroh bersama anak pada saat Mekkah dan Madinah memasuki musim panas, yaitu antara bulan April hingga Agustus. Pada bulan Oktober, November, serta Desember merupakan awal dari musim dingin di Mekkah, sehingga suhu udaranya lebih nyaman. 
 
2. Pastikan anak dalam keadaan sehat
 
Tips berikutnya umroh bersama anak adalah memperhatikan kesehatan si kecil, perbedaan musim yang sangat ekstrim ini tentu akan berpengaruh pada kesehatan. Sehingga sebelum keberangkatan pastikan buah hati dalam keadaan bugar dan fit. 
 
Sebaiknya lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin dan menyeluruh untuk mendeteksi jika nantinya ada penyakit atau potensi gangguan kesehatan supaya dapat ditangani dengan baik. 
 
Salah satunya adalah vaksinasi, vaksinasi merupakan salah satu hal wajib setiap calon jamaah Umroh sebelum bisa memasuki Mekkah, tak terkecuali anak-anak. 
 
3. Persiapkan semua perlengkapan anak dengan baik
 
Tidak jauh berbeda dengan jamaah lain, mempersiapkan perlengkapan untuk menunaikan ibadah umroh bersama anak juga harus dilakukan. Sehingga segala kebutuhan yang diperlukan selama berada di tanah suci Mekkah dapat terpenuhi. 
 
Pastikan Anda sudah mempersiapkan pakaian ihram khusus untuk buah hati, sama seperti jamaah lainnya, pakaian ihram untuk anak-anak tidak dijahit. Selain pakaian ihram juga persiapkan pakaian sya’ri untuk buah hati. 
 
Bagi anak-anak yang masih balita, jangan lupa untuk membawa keperluan seperti botol susu, slimut bayi, popok, serta berbagai keperluan lainnya. 
 
4. Persiapkan kelengkapan persyaratan umroh untuk anak
 
Mengurus kelengkapan persyaratan tentu harus dilakukan. Tidak hanya bagi orang dewasa saja, bepergian ke negeri orang tentu membutuhkan perizinan lengkap, sehingga tidak terjadi masalah nantinya. 
 
Beberapa kelengkapan dokumen yang harus dipersiapkan adalah paspor, visa umroh, serta Kartu Keluarga. Beberapa persyaratan ini dibutuhkan untuk mendaftarkan buah hati menunaikan ibadah di tanah suci Mekkah. 
 
Selain itu, jamaah yang membawa buah hatinya juga harus memperhatikan cadangan makanan serta bila perlu juga membawa persediaan mainan. Hal ini dilakukan untuk mengatasi rasa jenuh buah hati saat melakukan ibadah umroh bersama anak.