Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Tips Umroh Bersama Lansia Agar Lebih Aman

Di usia tua tentu membutuhkan tips umroh bersama lansia, sebab daya tahan tubuh merupakan hal yang paling penting untuk diperhatikan. Terutama dalam kegiatan ibadah yang padat energi. 
 
Banyak orang mengantri untuk waktu yang lama untuk pergi haji atau umrah. Beberapa dari mereka adalah orang-orang yang ingin membawa orang tua mereka.
Atau memang orang tua yang tidak sempat pergi ke mekkah serta madinah. Membayangkan ka'bah maupun masjid yang selalu ramai pasti sedikit membingungkan.
 
Jika Anda memiliki orang tua yang sudah lanjut usia bahkan ingin membawa mereka ke Tanah Suci, jangan khawatir. Karena ada beberapa tips ibadah bersama manula agar perjalanan lancar. 
 

Beberapa Tips Umroh Bersama Lansia 

 
Jika berencana untuk pergi ibadah bersama nenek, kakek atau orang yang sudah lanjut usia, tentunya perlu persiapan yang lebih agar umroh dapat berjalan dengan lancar juga nyaman untuk semua orang. 
 
Selain mempersiapkan niat, kondisi mental hingga fisik, berikut beberapa tips yang dapat Anda gunakan sebagai panduan saat melakukan umrah dengan orang tua. Berikut ini tips umroh bersama lansia.
 
1. Persiapkan Rencana Anda dengan Matang dan Rinci
 
Jika Anda ingin pergi umrah, persiapan merupakan salah satu aspek terpenting yang harus diperhatikan dengan matang. Apalagi jika Anda bersama orang lanjut usia yang membutuhkan perhatian juga perawatan khusus. 
 
Sebelum berangkat, tips umroh bersama lansia yaitu pastikan semua kebutuhan terpenuhi serta ingat bahwa manula harus dalam kondisi sehat untuk menunaikan umrah. 
 
2. Bawa Perlengkapan Kursi Roda 
 
Sebagian besar manula menggunakan kursi roda, setidaknya untuk aktivitas yang sulit seperti umrah dan haji, agar tidak cepat lelah berjalan. 
 
Untuk ibadah, tips umroh bersama manula selanjutnya ada jalur khusus untuk lansia atau siapa saja yang menggunakan kursi roda sehingga tidak perlu memaksakan diri dan beribadah menjadi lebih nyaman. 
 
Enaknya bawa pulang kursi roda, bisa dibawa sehingga pasti nyaman. Jika Anda tidak memiliki kursi roda dan merasa perlu, Anda dapat menyewa kursi roda dari biro perjalanan dengan biaya tambahan.
 
3. Pilih Penerbangan Langsung 
 
Tips ini sangat penting untuk menjaga stamina para manula. Dengan penerbangan sekitar 10 jam, akan lebih bijaksana untuk memilih penerbangan langsung sehingga orang tua tidak terlalu lelah selama perjalanan. 
 
Selain itu tips umroh bersama lansia, seperti penerbangan langsung tidak begitu sulit sehingga Anda harus memasuki pesawat beberapa kali. 
 
4. Berkomunikasi Dengan Umrah/Bisnis 
 
Jika Anda membawa orang tua, lebih baik memberi tahu biro perjalanan agar mereka dapat mengatur akomodasi untuk pergi keluar, bermalam dan kembali ke rumah. 
 
Ini harus dilakukan untuk memberikan kenyamanan dan dalam layanan dan logistik khusus, seperti kursi roda di kompartemen bagasi. 
 
5. Bawalah Semua Perlengkapan Yang Akan Diperlukan 
 
Pada umumnya orang tua lebih sering ke toilet daripada anak muda. Untuk mempermudah proses dan menghindari kelelahan bagi manula karena harus bolak-balik ke toilet.
 
Sangat disarankan untuk menggunakan popok khusus untuk lansia. Bawa perbekalan yang banyak, toppers, untuk jaga-jaga. 
 
6. Perhatikan Kesehatan Lansia 
 
Tahukah Anda, ini sangat penting, karena pada umumnya kesehatan manula sudah mulai menurun dan tidak sebaik orang dewasa normal. Jangan lupa membawa obat-obatan esensial yang perlu dibawa oleh para lansia. 
 
Tips umroh bersama lansia yaitu ketika orang tua lelah, cari tempat istirahat yang teduh dan sejuk di area masjid sehingga tidak harus bolak-balik ke hotel dan melewatkan jadwal shalat berikutnya. 
 
7. Adanya Penolong Sesama Jenis 
 
Untuk selalu memeriksa kondisi lansia, pastikan lansia selalu didampingi dalam situasi apapun. Jika memungkinkan, pendampingnya berjenis kelamin sama sehingga memudahkan penerimaan shalat, karena antrean shalat laki-laki dan perempuan terpisah. 
 
Misalnya, lansia adalah perempuan. Oleh karena itu, pasangannya harus seorang anak atau saudara perempuan. Sebaliknya, jika orang yang lanjut usia adalah laki-laki, maka pasangannya adalah anak atau saudara laki-laki.
 
Berdasarkan informasi yang diterima, jumlah jemaah umrah asal indonesia setiap tahunnya paling tinggi dibandingkan negara lain. Kebanyakan jemaah berusia lanjut (lansia) yang kriterianya berusia 75 tahun ke atas. 
 
Persiapan merencanakan umrah dengan khidmat serta lancar serta merencanakan umrah yang nyaman dan aman bagi lansia. Itulah tips umroh bersama lansia, mulai dari persiapan hingga pelaksanaannya.