Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Tips Umroh di Bulan Ramadhan, Atur Umroh di Malam Hari

Melakukan ibadah umroh di bulan ramadhan membutuhkan persiapan khusus, karena saat melakukan ibadah umroh jamaah membutuhkan persiapan dan tenaga yang kuat. Umroh merupakan ibadah bagi umat muslim yang seluruh rangkaiannya dilaksanakan di tanah suci Mekkah. 
 
Untuk melaksanakannya, jamaah harus mempersiapkan kebutuhan dan kelengkapan yang menunjang selama berada di sana. Ibadah ini bisa dilaksanakan oleh umat muslim dari berbagai daerah, calon jamaah harus mampu secara fisik maupun finansial. 
 
Setiap tahunnya para jamaah muslim dari berbagai Negara pergi melaksanakan ibadah umroh di tanah suci Mekkah, terutama di bulan Ramadhan. Umroh yang dilaksanakan umat Islam di bula Ramadhan memang memiliki keistimewaan. 
 
Bagi umat muslim, melaksanakan ibadah ini di bulan ramadhan sangat istimewa karena senilai dengan pergi berhaji bersama Rasulullah SAW. Namun, berumroh di saat melaksanakan puasa tentu berat karena harus menahan haus dan lapar ditengah panasnya cuaca Mekkah. 
 
Untuk itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat Anda akan melaksanakan umroh di bulan Ramadhan, diantaranya adalah atur umroh di malam hari, gunakan siang untuk istirahat, mempersiapkan kondisi fisik dan mental, serta mengatur waktu bersama rombongan. 
 
Mendapatkan pahala serta kekhusyukan dalam beribadah merupakan hal penting saat melaksanakan ibadah di tanah suci Mekkah. Maka dari itu, jamaah harus benar-benar mempersiapkan segala kemungkinan yang dapat terjadi. 
 
Mempersiapkan kondisi tubuh yang sehat dan kuat juga menjadi factor utama untuk melaksanakan ibadah di bulan suci Ramadhan. Beristirahat yang cukup akan membantu Anda tetap dalam kondisi fit.
 

Tips Umroh di Bulan Ramadhan

 
Melaksanakan ibadah umroh di bulan ramadhan bukan hal mudah, banyak persiapan harus Anda lakukan terlebih dahulu, di antaranya adalah mempersiapkan kondisi fisik dan mental agar tetap sehat dan fit. 
 
Selain itu, memperhatikan cuaca serta kondisi di Mekkah juga harus dilakukan, sehingga Anda dapat beribadah dengan tenang dan khusyuk. Pastikan untuk mengkonsumsi makanan dan minuman berkualitas tinggi, sehingga kondisi tubuh tetap terjaga. Berikut ini beberapa tips umroh di bulan ramadhan yang bisa Anda lakukan. 
 
1. Atur umroh supaya dapat dilaksanakan pada malam hari
 
Jamaah dapat mengatur jadwal umroh untuk dikerjakan pada malam hari, ini untuk menghindari suhu ekstrim di Mekkah sangat panas pada siang hari. Suhu di Arab Saudi sangat panas, sehingga ketika melaksanakan ibadah umroh pada siang hari dengan berpuasa tentu berat. 
 
Cobalah untuk mengatur waktu umroh saat malam hari ahgar tidak kepanasan dan mengalami dehidrasi. Ibadah ini memiliki serangkaian ibadah yang harus dilaksanakan. Supaya ibadah tersebut lancar sebaiknya lakukan di malam hari. 
 
2. Gunakan siang untuk istirahat
 
Melakukan umroh di malam hari dan menggunakan waktu siang untuk beristirahat menjadi salah satu cara untuk umroh di bulan ramadhan agar tetap khusyuk dan dalam keadaan bugar. 
 
Sempatkan waktu istirahat yang cukup pada siang hari untuk menyiapkan energy ketika melaksanakan ibadah di malam harinya. Sebaiknya tetap beristirahat di penginapan dan menunggu waktu malam hari untuk melaksanakan ibadah. 
 
3. Persiapkan fisik dan mental
 
Serangkaian ibadah ini membutuhkan aktivitas fisik yang cukup berat, apalagi jika dilakukan di bulan ramadhan. Umroh di bulan Ramadhan membutuhkan persiapan fisik dan mental yang kuat. 
 
Cuaca Arab Saudi yang sangat ekstrim membutuhkan persiapan khususm, terlebih saat berpuasa. Selain fisik, Anda juga harus menyiapkan mental agar tidak mudah mengeluh, tetap bisa sabar, serta tidak mudah stress akibat aktivitas padat dalam kondisi berpuasa. 
 
Kondisi kejiwaan yang sering stress dapat menekan sistem kekebalan tubuh dan mengakibatkan tubuh mudah menderita sakit. 
 
4. Pilih penginapan yang tidak terlalu jauh
 
Pilih penginapan yang tidak terlalu jauh dari Masjidil Haram, sehingga Anda dapat mengehemat tenaga dan waktu untuk pergi kesana. Dengan begitu, jamaah dapat melaksanakan ibadah denan khusyuk dan tetap dalam kondisi tubuh yang sehat. 
 
Namun, jika jamaah sudah memiliki lokasi penginapan cukup jauh dengan Masjidil Haram, sebaiknya jangan sering bolak-balik ke penginapan dan sebaiknya lebih banyak berdiam diri di Masjid. 
 
5. Makan makanan yang berkualitas
 
Makan makanan berkualitas menjadi hal yang harus diperhatikan. Sehingga jamaah tetap dalam keadaan sehat dan bugar selama berada di tanah suci Mekkah. Selain memastikan makanan berkualitas, sebaiknya Anda banyak meminum air putih. 
 
Meminum air putih yang cukup saat sahur dan berbuka puasa akan membantu Anda terhindar dari dehidrasi.
 
Mendapatkan pahala dan melaksanakannya dengan khusyuk tentu menjadi poin utama dalam pelakasanaan ibada di tanah suci Mekkah. Untuk itu pastikan Anda sudah mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan sebelum berangkat umroh di bulan Ramadhan.