Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Tips Umroh Hemat ala Backpacker dan Tetap Aman

Penasaran tips umroh hemat yang kabarnya bisa dilakukan dengan cara ala ala Backpacker? Seperti yang diketahui bahwa bisa berangkat ke tanah suci adalah impian hampir semua umat muslim karena hal tersebut bisa digunakan untuk menyempurnakan ibadah.
 
Walaupun tanpa mengantri bertahun-tahun, bahkan ada paket yang lebih terjangkau namun untuk sebagian besar orang biaya untuk umroh masih sangat berat. Apalagi untuk orang-orang yang memang memiliki penghasilan UMR atau di bawahnya.
 
Namun tahukah Anda bahwa ada jalan lain menuju tanah suci dengan menekan biaya yang begitu besar yaitu akrab dikenal dengan istilah umroh Backpacker. Tips umroh hemat yang satu ini kerap digaungkan bagi orang-orang yang suka berpetualang.
 
Cara yang satu ini memang bisa mah disesuaikan bahkan bisa menekan budget dengan baik namun sayangnya cara ini tak lepas dari berbagai resiko karena perjalanan umroh backpacker dilakukan secara mandiri.
 
Ya, jika biasanya para jamaah menggunakan jasa travel, umroh backpacker dilakukan secara mandiri. Jika Anda penasaran maka ada beberapa kiat-kiat agar umroh ala backpacker tersebut bisa tetap aman.
 

Tips Umroh Hemat ala Backpacker

 
Seperti pembahasan di atas di mana Banyak orang menginginkan bisa ke tanah suci dengan menekan biaya atau budget umroh. Jika menggunakan jasa agen travel tentu memakan biaya yang cukup besar meskipun ada beberapa paket yang bisa disesuaikan dengan budget.
 
Beberapa orang bahkan tertarik dengan umroh ala backpacker yang dilakukan secara mandiri, namun sayangnya tidak semua orang bisa melakukan perjalanan tersebut. Berikut hal-hal yang harus dipersiapkan jika Anda memilih umroh secara mandiri atau Backpacker:
 
1. Urus terlebih dahulu visa dan paspor
 
Jika Anda akan ke Saudi Arabia maka Anda harus mengurus terlebih dahulu visa dan paspor di kedutaan Besar Arab Saudi di negara asal sebelum keberangkatan, di mana memang tidak bisa dilakukan secara on arrival atau kunjungan apapun.
 
Tips umroh hemat ala backpacker mungkin di pikiran Anda harus mengurusnya secara mandiri namun sayangnya hal ini tidak bisa dilakukan karena visa wajib diurus secara kolektif yang artinya Anda harus menggunakan jasa biro atau travel.
 
Untuk hal ini maka Anda bisa memilih biro jasa atau travel yang memberikan harga murah di mana biaya paling umum dipatok sekitar 75 hingga 100 USD Jadi Anda harus menyiapkan angka tersebut.
 
2. Pastikan memilih penginapan yang sesuai
 
Untuk mengurus visa maka salah satu syaratnya adalah menunjukkan bukti pemasaran hotel di Mekah atau Madinah sehingga Anda harus menyiapkan terlebih dahulu penginapan yang sesuai.
 
Tips umroh hemat ala backpacker memang sedikit rumit karena dilakukan secara mandiri dan tidak semua aspek diurus oleh jasa travel, karena ketika menggunakan jasa travel maka biaya booking hotel akan ke paket dengan pengurusan visa.
 
Solusinya adalah cobalah mencari hotel yang jaraknya cukup jauh dan biayanya lebih murah sebagai syarat mendapatkan visa, dan umumnya ada apartemen murah dengan radio 1 sampai 2 km dari Masjidil haram atau masjid Nabawi.
 
Jadi Anda bisa memilih alternatif tersebut karena harganya hanya sekitar Rp 125 hingga 250 ribu saja per malamnya bahkan ada bisa membaginya dengan teman atau sesama Backpacker.
 
3. Cobalah mencari tiket pesawat murah
 
Tips umroh hemat berikutnya adalah mencari tiket pesawat yang murah dimana untuk orang-orang yang terbiasa bepergian dengan cara backpacking akan sangat mudah berburu tingkat pesawat murah tersebut.
 
Apalagi kini sudah ada maskapai low cost carrier Yang Membuka rute ponorok banget ke Jeddah atau Anda juga bisa memilih maskapai penerbangan lainnya yang memadukan beberapa connecting flight.
 

Apakah Aman Umroh dengan Cara Backpaker?

 
Tips umroh hemat di atas memang menarik untuk diikuti karena bisa menekan banyak biaya dengan tujuan yang sama seperti jamaah pada umumnya yaitu beribadah di tanah suci, namun pertanyaannya apakah aman?
 
Pertama usahakan Anda travelling bersama teman atau orang-orang yang memang Anda kenal baik, kemudian hindari bepergian saat cuaca ekstrem karena hal ini sangat berbahaya dan tidak bisa diremehkan.
 
Semakin banyak rombongan semakin baik karena hal tersebut bisa meminimalkan kemungkinan tersesat atau resiko lainnya sama umroh dan tentu juga menekan biaya transportasi ataupun menginap untuk memaksimalkan tips umroh hemat.