Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Tips Umroh ketika Puasa Ramadhan agar Tetap Lancar

Ada beberapa tips umroh ketika puasa ramadhan agar ibadah tetap lancar meskipun sedang berpuasa. Seperti kita ketahui, umroh adalah salah satu ibadah yang diidamkan umat Muslim di dunia.
 
Menjalankan ibadah umroh ketika bulan puasa tentu sangat istimewa. Anda bisa menikmati momen Ramadhan di Tanah Suci. Dan pastinya, yang menginginkan itu bukan hanya Anda.
 
Perlu diketahui, pada akhir Ramadhan biasanya kondisi di Mekkah cukup padat dan itu akan sangat menguras kesabaran Anda. Maka dari itu, penting untuk mengetahui beberapa tips umroh saat bulan Ramadhan.
 

Beberapa Tips Umroh Ketika Puasa Ramadhan

 
Menjalankan Ibadah Umroh di bulan Ramadhan dalam kondisi berpuasa tentu bukanlah hal mudah. Berikut ini beberapa tips umroh dalam kondisi sedang berpuasa di bulan Ramadhan, antara lain :
 
1. Siapkan mental dan fisik
 
Tips pertama umroh ketika puasa ramadhan tentu saja perlu menyiapkan mental dan juga fisik terlebih dahulu. Sebab, umroh merupakan salah satu ibadah yang membutuhkan aktivitas fisik cukup berat. 
 
Apalagi bila melakukan ibadah ketika bulan ramadhan dan dalam kondisi sedang berpuasa. Di tambah lagi kondisi Mekkah yang cukup pada di akhir Ramadhan, tentu sangat menguras kesabaran Anda.
 
Jadi perlu untuk mempersiapkan mentak serta kondisi fisik dengan baik jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Kondisi kejiwaan yang stress bisa menekan sistem pertahanan badan, membuat badan gampang sakit.
 
2. Siap hadapi keramaian
 
Seperti telah dibahas sebelumnya, biasanya di akhir Ramadhan jutaan jamaah akan datang untuk umroh ke Tanah Suci. Jadi, mau tidak mau Anda harus siap untuk menghadapi 
keramaian tersebut. 
 
Selain persiapan mental dan juga kesehatan fisik sebelum keberangkatan. Anda juga perlu melapangkan hati dan juga pikiran, luruskan niat bahwa Anda beribadah ini semata-mata hanya karena Allah SWT.
 
3. Atur umroh agar dapat dikejakan malam hari
 
Tips umroh ketika puasa ramadhan berikutnya, mengatur pelaksanaan umroh di bulan Ramadhan pada malam hari. Sebab, melaksanakan ibadah di siang hari saat berpuasa tentu akan sangat berat.
 
Perlu diketahui, tahap-tahap umroh tidak hanya 1, ada begitu banyak jama’ah di sana. Agar ibadah berjalan lancar, dianjurkan memilih waktu beribadah pada malam hari, sementara siang hari gunakan untuk istirahat.
 
4. Pilih penginapan yang dekat dengan Masjidil Haram
 
Tips umroh ketika puasa ramadhan selanjutnya adalah pilihlah penginapan yang dekat dengan Masjidil Haram di Mekkah. Hal tersebut dapat menghemat tenaga Anda, sehingga tidak gampang capek dan terserang penyakit.
 
Namun, apabila Anda memilih penginapan yang jauh, dianjurkan agar tidak bolak-balik ke penginapan. Lebih baik hemat energi Anda dengan berdiam diri di masjid untuk tilawah Al Qur’an atau berdzikir.
 
5. Siapkan dana ekstra
 
Ketika bulan ramadhan, biaya penginapan dan juga transportasi di sana berbeda dengan bulan-bulan sebelumnya. Termasuk tiket pesawat dari Indonesia ke Arab Saudi, jadi Anda perlu menyiapkan dana lebih.
 
6. Makan makanan yang berkualitas
 
Tips umroh ketika puasa ramadhan berikutnya adalah perbanyaklah makan makanan yang bergizi dan berkualitas. Agar kuat dalam melaksanakan ibadah dan jangan lupa juga untuk minum air zam-zam di malam hari.
 
Agar tidak dehidrasi ketika melaksanakan ibadah, karena panasnya cuaca. Disarankan juga untuk memakan kurma basah sebelum mulai beribadah agar tubuh lebih segar dan ibadah bisa maksimal.
 
7. Atur waktu sahur bersama group 
 
Tips umroh ketika puasa ramadhan selanjutnya atur waktu sahur Anda bersama dengan group. Makan sahur merupakan salah satu persiapan penting untuk puasa di Tanah Suci.
 
Setelah itu kejar waktu sholat di Masjid Nabawi atau Masjidil Haram. Atur waktu dengan sebaik-baiknya, jangan sampai ketinggalan, karena Anda membutuhkan waktu untuk 
jalan kaki dari penginapan ke masjid.
 
8. Berangkat lebih awal
 
Disarankan untuk berangkat lebih awal dan berwudhu terlebih dahulu sebelum berangkat ke Masjid Nabawi atau Masjidil Haram. Agar Anda tidak kehabisan tempat, sebab ada banyak jama’ah di sana.
 
9. Jangan khawatirkan soal buka puasa
 
Ketika melakukan ibadah umroh di bulan Ramdhan, Anda tidak perlu pusing mencari makanan untuk buka puasa. Sebab di Masjid Nabawi dan Masjidil Haram disediakan takjil gratis yang berlimpah ruah.
 
Anda bisa mengambilnya dan berbuka puasa dengan ribuan Jama’ah lain di sana. Jadi, Anda tidak khawatir soal buka puasa, cukup siapkan saja mental dan juga kesehatan fisik Anda.
 
Selain beberapa tips di atas, Anda juga perlu memperhatikan biro travel yang akan digunakan untuk menemani perjalanan Anda. Pilihlah biro travel yang professional dan juga terpercaya.
 
Anda bisa menggunakan biro kami, Mabruk yang telah berpengalaman memberangkatkan puluhan jama’ah. Jadi, setelah memahami beberapa tips umroh ketika puasa ramadhan, Anda bisa menghubungi kami di https://www.mabruk.co.id bila tertarik menggunakan jasa kami.