Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Umrah di Bulan Ramadan, Apa Saja Keistimewaannya?

Sebagian umat Islam memilih untuk berangkat umrah di bulan Ramadan. Selain bisa melaksanakan amalan bulan suci di tanah suci, tentu akan mendapatkan banyak keistimewaan dibanding bulan lainnya.
 
Ada dua pendapat mengenai keutamaan Umrah saat bulan suci. Salah satu pendapat mengatakan bahwa pahalanya sama dengan haji bersama Rasulullah bagi wanita. Sedangkan pendapat lainnya menyebutkan bahwa pahala yang sama bagi seluruh umat muslim.
 
Beberapa ahli mengemukakan bahwa berhaji kecil pada saat Ramadhan termasuk Sunah Muakadah. Berarti sunah yang ditekankan oleh para ulama. Jika hanya punya 1 kesempatan berhaji kecil, maka diutamakan pergi saat itu untuk memperoleh keistimewaannya.
 
Ibadah umrah bisa juga disebut dengan haji kecil. Ini berarti jika sudah melaksanakannya, umat muslim tetap dianjurkan melaksanakan ibadah haji. Karena rukun dari kedua ibadah ini berbeda.
 
Keistimewaan Melaksanakan Umrah di Bulan Ramadan
 
Ulama berpendapat bahwa melaksanakan ibadah haji dan umrah minimal sekali seumur hidup. Umrah memiliki keistimewaan jika dilakukan saat Ramadhan. Karena pahala yang didapatkan setara dengan haji bersama Rasulullah SAW.
 
Melaksanakan haji kecil ini tidak diwajibkan pada Ramadan. Hanya disunahkan jika ingin memperoleh keutamaan berikut:
 
1. Meraup Pahala yang Berlipat Ganda Pada Waktu Utama
 
Bulan Suci Ramadan itu sangat istimewa. Dimana setiap amalan kita akan mendapatkan balasan berlipat-lipat dari Allah SWT. Pada waktu ini, juga ada satu malam yang lebih baik dari seribu malam.
 
Apalagi jika bisa melaksanakan haji kecil pada bulan penuh berkah ini. Jemaah bisa melaksanakan salat dekat Baitullah. Terlebih lagi jika dapat beribadah di Masjid Quba pada malam Lailatul Qadr, kenikmatannya akan sangat luar biasa.
 
2. Hanya Ketika Umrah di Bulan Ramadan Bisa Merasakan Tarawih di Masjidil Haram
 
Salah satu ibadah sunah saat bulan suci adalah Salat Tarawih. Suasana tarawih akan berbeda karena melaksanakannya di Masjidil Haram. Tidak semua orang punya kesempatan yang sama untuk melakukan hal ini.
 
Pelaksanaan salat tarawih di Mekah memakan waktu yang cukup lama. Karena 1 rakaat akan membacakan 1 juz Alquran. Namun tidak akan terasa lama karena lantunan irama imam besar Masjidil Haram yang sangat merdu.
 
3. Keistimewaan Umrah Bulan Ramadan akan Menjadi Tamu Istimewa Allah SWT
 
Umat Muslim yang menjalankan ibadah haji dan umrah merupakan tamu Allah SWT. Mereka berangkat ke Baitullah untuk menyempurnakan agama. Terlebih jika umrah ketika Ramadan, berarti Jemaah akan menjadi tamu istimewa Allah SWT.
 
Pada saat itu, semua permintaan akan dikabulkan Allah SWT. Segala ampunan akan diterima-Nya. Jika meminta syafaat di Baitullah, niscaya akan memperoleh syafaat-Nya.
 
4. Waktu untuk Dikabulkan Segala Doa Ketika Umrah di Bulan Ramadan
 
Salah satu waktu mustajab untuk berdoa yaitu ketika berumrah dan saat bulan suci. Bisa menunaikan haji kecil saat Ramadhan, berarti peluang dikabulkan segala doa akan lebih besar.
 
Anda bisa meminta apa saja kepada Zat Yang Maha Pengasih. Terlebih pada saat sedang menjalankan perintahnya di depan Ka’bah. Sebagai tamu Allah, segala doa pasti akan dikabulkan.
 
5. Umrah di Bulan Ramadan sebagai Penghapus Dosa
 
Keutamaan lain yang akan diperoleh ketika berumrah saat istimewa ini adalah dihapuskan Allah segala dosa. Saat itu merupakan hari-hari dimana umat Islam bisa memohon segala pengampunan.
 
Haji kecil merupakan ibadah penggugur dosa. Melaksanakan ibadah ini dengan khusyuk, maka tidak ada balasan selain Surga. 
 
6. Untuk Wanita, Umrah di Bulan Ramadan Terhitung Jihad
 
Islam mengajarkan umatnya untuk berjihad di jalanNya. Ketika perempuan tidak bisa ikut berperang, jalan jihad bisa ditempuh melalui haji kecil. Terutama pada waktu penuh berkah.
 
Aisyah RA pernah bertanya kepada Nabi Muhammad SAW mengenai cara berjihad seorang perempuan. Dan Rasulullah menjawab bahwa wanita wajib berjihad tanpa peperangan dengan berhaji dan umrah.
 
7. Melatih Diri Menjadi Sosok yang Lebih Sabar
 
Umrah di bulan Ramadan akan melalui rintangan yang hebat. Karena akan melaksanakan puasa jauh dari keluarga dengan situasi berbeda. Waktu singkat ini bisa dipakai untuk melatih kesabaran.
 
Anda tidak hanya harus menahan lapar namun juga melaksanakan segala rangkaian ibadah. Kesabaran yang dibutuhkan akan lebih besar. 
 
8. Biaya yang Berlipat Akan Terhitung Berkah
 
Biaya keberangkatan pada waktu utama ini lebih mahal dibanding bulan lainnya. Uang yang harus disiapkan berkali lipat daripada umrah reguler. Karena waktu pelaksanaan lebih lama daripada yang biasa.
 
Menyisihkan sebagian rezeki untuk jalan ibadah, akan mendapatkan balasan yang setimpal dari Allah SWT. Terlebih ketika dikeluarkan untuk umrah di bulan Ramadan. Seluruh dana yang dikeluarkan akan diganti oleh Allah SWT jika dilakukan dengan ikhlas.
 
Mampu melangkahkan kaki ke Baitullah adalah impian semua umat muslim. Namun jika terkendala untuk melaksanakannya, Anda juga bisa berangkat umrah saja. Karena haji kecil ini bisa dilakukan kapan saja.
 
Beribadah pada saat Ramadan bisa menjadi pilihan jika ingin mendapatkan pahala lebih. Dibandingkan waktu lainnya, banyak keistimewaan yang bisa diperoleh ketika umrah di bulan Ramadan.