Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Waktu Pelaksanaan Umroh dan Biaya Perjalanannya

Ingin segera pergi ke tanah suci tapi bingung waktu pelaksanaan umroh terbaik dengan keluarga? Terdapat beberapa pilihan keberangkatan untuk melaksanakan ibadah umrah bersama keluarga.

Dari banyaknya saran keberangkatan tersebut Anda bisa memilih sesuai kelonggaran waktu yang keluarga Anda miliki.

 

Berikut Rekomendasi Waktu Pelaksanaan Umroh

Sebenarnya waktu pelaksanaan ibadah umroh bisa dilaksanakan kapan saja kecuali saat sedang pelaksanaan ibadah haji. Untuk jamaah umrah Indonesia melalui travel biasanya melaksanakan selama sembilan hingga empat belas hari perjalanan.

1. Di Awal Tahun

Rekomendasi waktu pelaksanaan umroh pertama yaitu pada awal tahun. Beberapa orang senang melaksanakan umroh pada awal tahun membawa harapan terbaik dalam memulai tahun yang baru. 

Melaksanakan ibadah umrah diharapkan bisa menjadi permulaan positif. Untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan mendapatkan hal-hal baik di tahun tersebut.

Selain itu awal tahun di tanah suci merupakan saat terbaik karena udara di sana tidak terlalu panas. Tentu akan memudahkan proses ibadah karena menjadi lebih nyaman dan berbeda.

2. Di Akhir Tahun

Waktu pelaksanaan umroh selanjutnya yaitu di akhir tahun. Seperti diketahui bahwa akhir tahun merupakan jadwal libur sekolah sehingga banyak orang memutuskan untuk pergi ke luar negeri salah satunya untuk umrah.

Tidak salah jika pada momen tersebut biaya yang ditawarkan melonjak tinggi dibandingkan periode lainnya.

3. Saat Bulan Ramadhan

Rekomendasi waktu pelaksanaan umroh ketiga yaitu saat bulan Ramadhan. Seperti Anda ketahui bahwa Ramadhan adalah bulan penuh berkah tentu saat yang tepat untuk memfokuskan diri ibadah di Tanah Suci.

Melaksanakan puasa di tanah yang penuh keutamaan serta dikelilingi orang berlomba-lomba dalam kebaikan tentu memantik diri kita untuk semakin khusyu’ dan giat dalam beribadah.

Selain itu dalam Hadits Riwayat Bukhori dan Muslim, Nabi pernah bersabda, “Apabila Ramadhan telah tiba berumrahlah karena umrah Ramadhan sebanding dengan haji.”

Namun apabila Anda memiliki niat untuk ibadah di bulan Ramadhan ini maka perlu persiapan matang jauh-jauh hari. Karena waktu favorit ini maka harga untuk berangkat juga akan meningkat berkali-kali lipat.

4. Menjelang Pelaksanaan Haji

Rekomendasi selanjutnya yaitu saat menjelang pelaksanaan haji. Saat tersebut jatuh pada bulan Syawal hingga Dzulhijjah. Di waktu menjelang haji suasana Makkah cukup 
sepi dan lengang sehingga Anda memiliki banyak kesempatan untuk berdoa dan ibadah lebih khusyu’.

Tempat-tempat mustajab seperti Hijr Ismail dan Maqom Ibrahim yang biasa ramai juga dapat ditempati tanpa perlu berdesak-desakan dengan jamaah lain.

5. Setelah Pelaksanaan Haji

Waktu pelaksanaan umroh selanjutnya yaitu setelah pelaksanaan haji. Sama seperti sebelum haji, setelahnya pun Makkah lebih lengang. Tidak banyak jamaah yang masih di Makkah karena rangkaian ibadah haji telah selesai dikerjakan.

Di saat-saat seperti ini Anda bisa lebih leluasa untuk menjelajahi Masjidil Haram dan bebas berdoa di tempat dan waktu yang diinginkan.

6. Di Bulan Maret Hingga Mei

Selanjutnya yaitu di bulan Maret hingga Mei. Mengapa bulan-bulan tersebut menjadi waktu rekomendasi untuk melaksanakan umrah? Perlu diketahui bahwa Arab Saudi memiliki dua musim yaitu panas dan dingin.

Musim panas terjadi di bulan Maret hingga Agustus sedangkan musim dingin di bulan September hingga Februari.

Saat puncak musim panas, suhu di Makkah bahkan bisa mencapai 45 derajat sedangkan saat musim dingin mencapai hingga minus 3 derajat.

Di bulan Maret hingga Mei adalah waktu menginjak musim panas sehingga tidak banyak jamaah yang melaksanakan umrah sebab teriknya matahari. Anda bisa melaksanakan ibadah umrah saat pagi atau sore sehingga bisa lebih khusyu’ dan menikmatinya.

7. Saat Liburan Sekolah

Rekomendasi waktu pelaksanaan umroh selanjutnya saat liburan sekolah. Anda bisa mengajak anak-anak jika memilih waktu ini. Selain untuk ibadah anak Anda juga dapat 
mengikuti wisata religi sebagai momen mengingat pentingnya norma, nilai, dan pengengetahuan yang diajarkan oleh Islam.

8. Saat Liburan Panjang atau Cuti

Rekomendasi waktu pelaksanaan umroh terakhir yaitu saat liburan panjang atau mengambil cuti. Bagi pekerja sibuk dan tidak memiliki waktu di momen-momen tertentu di atas tentu dapat memanfaatkan sela-sela saat cuti.

Cuti yang lama dapat dimanfaatkan untuk melaksanakan ibadah umrah yang khusyu’. Setelah pulang dari umrah diharapkan bisa menjadi pribadi baru yang lebih khidmat sehingga akan membantu fokus dalam kegiatan sehari-hari setelahnya.

Pilihlah jadwal keberangkatan melalui Mabruk Tour sesuai waktu pelaksanaan umroh pilihan Anda.