Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Waspada! Kenali Ciri Penipuan Travel Umroh yang Kerap Terjadi

Agar terhindar dari penipuan travel umroh, sebaiknya kita mengenali ciri-ciri terkait adanya biro travel tersebut. Pasalnya, kebanyakan penipun memiliki ciri yang hampir sama satu sama lain.
 
Hal itu tentu akan sangat membantu terutama saat ingin menggunakan jasa travel ke tanah suci. Anda pastinya tidak ingin merasa kecewa karena uang yang seharusnya untuk beribadah justru hilang begitu saja.
 
Salah satu kasus penipuan besar bahkan sempat terjadi beberapa waktu lalu yang mengakibatkan jamaah haji dan umroh gagal berangkat. Untuk itu, silakan simak beberapa informasi berikut ini!
 

Berikut Ciri-Ciri Penipuan Travel Umroh

 
Kebanyakan kasus penipuan yang dilakukan oleh suatu pihak memiliki ciri-ciri tak jauh berbeda. Untuk itu, Anda perlu mengetahui beberapa ciri penipuan yang dilakukan oleh pihak bersangkutan, yaitu:
 
1. Promo Harga Murah di Luar Kewajaran
 
Salah satu daya tarik seseorang untuk menggunakan suatu jasa adalah tawaran harga yang murah. Akan tetapi, jika harganya terlalu murah atau jauh di bawah harga pasaran, maka jasa tersebut petut diwaspadai.
 
Hal itu berlaku juga untuk jasa perjalanan umroh ini. Penipuan travel umroh biasanya akan menawarkan harga di kisaran 7-12 jutaan. Sedangkan harga normalnya berada di sekitar 28 juta atau sekitarnya.
 
2. Tidak memiliki Izin Resmi
 
Penipuan travel umroh biasanya juga tidak memiliki izin resmi dari lembaga berwenang seperti SIUP, NPWP, izin biro perjalanan dari kementerian kebudayaan dan pariwisata, dan izin-izin lainnya.
 
Dengan kata lain, usaha yang dijalankan oleh pihak travel tersebut tergolong ilegal dan tidak sah di mata hukum. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih agen travel dengan izin usaha yang lengkap.
 
3. Tidak Mempunya Website Resmi
 
Ciri-ciri penipuan travel umroh selanjutnya adalah tidak memiliki website resmi sehingga kita sulit mencari informasi agen tersebut di internet. Umumnya, agen perjalanan penipu seperti ini hanya mengandalkan media sosial saja.
 
Bisa saja follower dari akun media sosialnya cukup besar. Hal itu sangat mungkin terjadi lantaran follower media sosial saat ini bisa dibeli sehingga siapa saja bisa memiliki follower yang tinggi.
 
4. Tidak Memiliki Kantor Offline
 
Secara offline, kantor jasa perjalanan umroh penipu tidak bisa dilacak atau hanya alamat palsu sehingga sistem pembayaran yang dilakukan otomatis hanya via transfer saja dan tidak bisa dilakukan pembayaran cash.
 
Jika alamat yang diberikan benar-benar ada, Anda juga perlu memastikan jika gedung tersebut memang benar-benar milik biro travel bersangkutan. Jangan sampai gedung tersebut adalah milik perusahaan lain.
 
5. Mesnyaratkan Pembayaran di Muka
 
Salah satu ciri penipuan travel umroh selanjutnya adalah memberikan syarat pembayaran di muka atau di awal. Baru setelahnya kita akan dijadwalkan keberangkatannya beberapa waktu ke depan.
 
Mungkin saja uangnya tidak dibawa lari, tetapi digunakan untuk modal usahanya sehingga perusahaan bisa beroperasi. Akan tetapi, hal itu memiliki risiko yang tinggi sehingga kemungkinan gagalnya juga besar.

Tips Menentukan Biro Perjalanan Umroh Terpercaya

 
Agar terhindar dari penipuan travel umroh, pastikan Anda mengetahui beberapa tips dalam memilih biro perjalanan umroh terpercaya. Adapun tips tersebut bisa Anda lihat di bawah ini:
 
1. Pastikan izin usaha travel bersangkutan sudah lengkap termasuk untuk menyelenggarakan perjalanan umroh.
 
2. Pastikan biro travel tersebut juga sudah memiliki website resmi yang bisa ditemukan di internet.
 
3. Jangan cepat tergiur dengan harga murah. Lebih baik membayar sesuai harga pasarannya daripada murah tetapi tidak jelas keberangkatannya.
 
4. Pastikan Anda sudah menerima kode booking pesawat sekitar 2 minggu sebelum keberangkatan sehingga Anda bisa mempersiapkan berbagai keperluan seperti passport dan lain-lain.
 
Tidak perlu bingung untuk mencari agen travel terpercaya sehingga Anda tidak khawatir lagi akan penipuan travel umroh yang marak terjadi. Dalam hal ini, kami sangat merekomendasikan biro perjalanan Mabruk Tour.
 
Mabruk Tour adalah partner perjalanan umroh yang sudah tidak perlu diragukan lagi legalitasnya. Anda juga bisa dengan mudah mengunjungi situsnya melalui alamat kami.
 
Di sini Anda bisa memilih paket umroh VIVIP atau Gold. Silakan sesuaikan dengan kebutuhan Anda nantinya. Selain itu, Mabruk Tour juga menyediakan paket Haji khusus 
Kemenag dan juga Furoda.
 
Bagi Anda yang memiliki keinginan untuk melaksanakan umroh, penting untuk memilih biro perjalanan secara tepat. Silakan kenali ciri-ciri penipuan travel umroh di atas agar terhindar dari penipuan tersebut.